5 Hektare Lahan Sawit di Pasaman Barat Terbakar

KEBAKARAN LAHAN SAWIT

Tim gabungan dari TNI berupaya memadamkan api (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Sekitar lima hektare lahan sawit di area perkebunan Plasma Batang Alin Permain (BAP) Jorong Lubuk Juangan, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat terbakar, Jumat (28/02/2020).

Dandim 0305 Pasaman, Letkol Inf Ahmad Aziz melalui pesan singkat mengatakan, tim gabungan TNI Polri, BPBD dan Masyarakat hingga Jumat siang masih melakukan pemadaman di lokasi kejadian. Petugas terpaksa menggunakan peralatan sederhana, seperti ember dan dahan kelapa sawit untuk memadamkan api.

“Tim kesulitan memadamkan api karena sumber air cukup jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran," ujarnya, Jumat (28/2/2020).

Menurutnya, anggota dari Koramil 06 Ujung Gading bersama tim lain menemukan tiga titik api di lokasi kebakaran, dan belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

“Tim terus berupaya mengantisipasi agar kebakaran tak meluas. Terkait, penyebab kebakaran, masih diselidiki,” jelasnya.

Ia meminta, untuk antisipasi kebakaran lahan, agar masyarakat mengurangi pembakaran lahan dan hindari penyebab timbulnya sumber api. Karena, cuaca panas dan angina kencang saat ini, dikhawatirkan akan menimbulkan kebakaran di Pasaman Barat.

"Mari bersama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran lahan atau permukiman," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Gunung Tuleh, IPTU Zulfikar menyebutkan, hingga pukul 14.00 WIB, masih terdapat dua titik api yang menyala, yaitu di Plasma Blok A4 dan A6.

Tim gabungan Polres Pasaman Barat, Polsek Gunung Tuleh, Polsek Lembah Melintang, dan Koramil 06 Ujung Gading, katanya sudah ke lokasi dan berupaya melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

“Tim gabungan masih standby dan berharap tidak ada titik lagi api baru,” ujarnya. (Iyan/ZE)

Tag:

Baca Juga

Damkar Padang melakukan pemeriksaan kelengkapan alat proteksi kebakaran di sembilan pasar di ibu kota Sumatra Barat ini. Pemeriksaan tersebut
Mulai Hari Ini, Damkar Padang Periksa Kelengkapan Alat Proteksi Kebakaran di 9 Pasar
Kebakaran hebat melanda kawasan Blok A Pasar Raya Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (7/5) sekitar pukul 13.44 WIB. Kobaran api masih
Blok A Pasar Raya Padang Terbakar, Api Berkobar Hebat
Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Si Jago Merah Hanguskan 5 Toko di Pasar Ombilin Pinggiran Danau Singkarak
Si Jago Merah Hanguskan 5 Toko di Pasar Ombilin Pinggiran Danau Singkarak
Kebakaran di Pasar Kuliner, Pemko Padang Panjang Siapkan Pengungsian Bagi Korban
Kebakaran di Pasar Kuliner, Pemko Padang Panjang Siapkan Pengungsian Bagi Korban