5 Armada Padamkan Kebakaran di Maninjau, Perkiraan Kerugian Ratusan Juta Rupiah

kebakaran pariaman

Ilustrasi kebakaran (Foto: Pixabay)

Langgam.id - Kebakaran di Pasar Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat pada Jumat (18/9/2020) malam menghanguskan delapan bangunan. Sebanyak lima armada pemadam kebakaran ikut memadamkan api, dibantu satu unit watercanon polisi.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 8.40 WIB. "Pemadaman oleh empat unit pemadam Agam, satu unit pemadam Padang Pariaman dan satu unit watercanon kepolisian. Pemadaman selesai sekitar pukul 23.00 WIB," katanya melalui telepon, Sabtu (19/9/2020) pagi.

Baca Juga: TNKS Gandeng Masyarakat di 7 Nagari Cegah Kebakaran Hutan

Delapan bangunan yang hangus terbakar, menurutnya, terdiri dari empat rumah dan empat toko. Pemiliknya, adalah Asril (49), Fauzi (70), Adrian (88) dan Suadi (58). Toko-toko yang terbakar merupakan studio foto, toko perlengkapan pancing, konter handphone dan toko sandal. Selain itu, sebuah pangkalan ojek juga ikut terbakar.

"Di empat rumah yang terbakar ada lima kepala keluarga (KK). Untuk sementara, korban ditampung di rumah keluarga masing masing di seputaran Jorong Pasa Maninjau," ujar Handri.

Menurutnya, belum diketahui dari mana asal api. "Sabtu pagi ini, tim identifikasi akan turun untuk mencari tahu." Belum dapat juga dipastikan berapa total kerugian. Namun, melihat jumlah bangunan dan jenis toko yang terbakar, Handria memperkirakan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

"Pagi ini, masyarakat, aparat kecamatan dan kepolisian akan gotong royong di lokasi kejadian. Kita juga akan membuka posko untuk membantu saudara yang terkena musibah," tuturnya. (HM/SS)

 

 

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Kebakaran melanda kawasan padat penduduk di Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar)
Kebakaran Terjadi di Pemukiman Padat di Siteba Padang, 5 Rumah Hangus
139 Santri Tamat dari MTI Canduang Tahun Ini
139 Santri Tamat dari MTI Canduang Tahun Ini
Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Pasar Raya Padang Terbakar, Puluhan Kios Hangus Dilalap Api
Wakil Bupati (Wabup) Agam, Sumatra Barat, Irwan Fikri mengajukan pengunduran dari jabatannya melalui sebuah surat ke DPRD setempat.
Disebut Mundur dari Wabup Agam karena Nyaleg, Ini Kata Irwan Fikri
Irwan Fikri memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Bupati Agam. Mundurnya Irwan Fikri dibenarkan Partai Demokrat Mulyadi.
Irwan Fikri Mundur dari Wabup Agam, Ini Kata Demokrat Sumbar
Desa Wisata Lawang yang berada di Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabuparen Agam, merupakan satu dari lima desa wisata di Sumbar masuk ADWI
Masuk 75 Besar ADWI 2023, Ini Keunikan Desa Wisata Lawang Menurut Kemenparekraf