450 Mahasiswa Tanah Datar Terima Beasiswa Baznas

450 Mahasiswa Tanah Datar Terima Beasiswa Baznas

Bupati Tanah Datar serahkan beasiswa Baznas. (Foto: Dok. Pemkab Tanah Datar)

Langgam.id - Sebanyak 450 orang mahasiswa Tanah Datar, Sumatra Barat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia terima manfaat beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tanah Datar. Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Eka Putra.

Ketua BAZNAS Tanah Datar Yasmansyah mengatakan sejumlah mahasiswa yang menerima manfaat beasiswa ini berasal dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia dan yang berada di wilayah Sumatra Barat.

“Mahasiswa kita ini yang di luar Provinsi Sumatera Barat ada 33 orang yang lolos seleksi berdasarkan survei dan dalam Provinsi Sumatera Barat sebanyak 417 orang,” ujarnya dikutip, Kamis (8/12/2022).

Yasmansyah menuturkan penerima manfaat BAZNAS ini tidak boleh berturut-turut, yang menerima saat ini bisa jadi dua tahun yang lalu pernah juga menerima.

Ia menyebutkan direncanakan anggaran setengah miliar lebih akan ditargetkan sebanyak 200 orang mahasiswa mengingat kondisi keuangan, namun karena tingginya antusias mahasiswa yang butuh biaya kuliah, maka dibagilah secara profesional, sehingga total yang diterima mahasiswa bervariasi, minimal sebesar Rp1.000.000.

Yasmansyah berharap dan juga minta dukungan Pemerintah Daerah untuk mengintensifkan zakat mengingat kebutuhan untuk melayani masyarakat itu semakin tinggi, seperti biaya untuk berobat masyarakat dianggarkan Rp800 juta, sementara realisasinya bisa mencapai Rp1,4 miliar.

Ditambahkan Yasmansyah untuk tahun 2023 mendatang BAZNAS Tanah Datar juga akan mengalokasikan anggaran untuk bantuan Taman Kanak-Kanak (TK) mengingat TK Negeri di Tanah Datar zakat guru-gurunya juga disalurkan melalui BAZNAS Tanah Datar.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BAZNAS Tanah Datar yang terus berupaya memajukan dunia pendidikan dengan mengalokasikan anggaran bagi mahasiswa Tanah Datar yang sedang mengenyam pendidikan di PT di berbagai wilayah di Indonesia.

“Adek-adek Mahasiswa mari kita syukuri nikmat Allah.SWT sehingga BAZNAS Tanah Datar masih terus berkontribusi bagi pendidikan anak-anak Tanah Datar, ini dapat juga meringankan beban pemerintah daerah, disaat keterbatasan anggaran daerah BAZNAS hadir berkontribusi,” ujarnya.

Bupati Eka Putra katakan bantuan beasiswa ini memang tidak berurut setiap tahunnya, ditahun ini dapat mungkin tahun berikutnya tidak, jadi tetap bersabar dan bersyukur dan mendoakan para muzakki yang telah memberikan sedikit rezekinya agar selalu sehat dan dimudahkan rezekinya oleh Allah,SWT.

Sembari memberikan motivasi bagi mahasiswa ini, Bupati Eka Putra mengajak mahasiswa untuk fokus belajar dan meraih cita-cita dan menggapai mimpi.

"Ini memang sulit, namun jika fokus dan yakin itu bisa dicapai. Belajar yang semangat, kalau terkendala jangan langsung menyerah, niscaya dibalik itu ada keberhasilan yang menanti, tetap semangat, jujur, baik dan berani,” pesannya.

Turut hadir saat pemberian beasiswa BAZNAS tersebut Kadis Sosial Afrizon, Kabid SD Dinas Pendidikan Lutfi, Kasi Penyelenggara Zakat Kemenag Tanah Datar Abu Hanifah, Camat Lima Kaum Irwan, Kepala Cabang Bank Nagari Syariah Dewi Purnama dan undangan lainnya.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Bayi Laki-laki Ditemukan di Musala Baitul Arifin Lima Kaum, Dibungkus Kantong Plastik Hitam
Bayi Laki-laki Ditemukan di Musala Baitul Arifin Lima Kaum, Dibungkus Kantong Plastik Hitam
Bupati Tanah Datar Eka Putra. (Foto: Dok. Prokopim Pemkab Tanah Datar)
Aktivitas Vulkanik Marapi Meningkat, Bupati Tanah Datar Minta Khatib Jumat Pimpin Doa Bersama
Beranggota 2.500 Perantau, Pengurus IKTD Tanjung Pinang Dikukuhkan Bupati Tanah Datar
Beranggota 2.500 Perantau, Pengurus IKTD Tanjung Pinang Dikukuhkan Bupati Tanah Datar
Langgam.id - Satu unit bus pariwisata mengalami kecelakaan hingga menabrak tiga rumah warga di Jalan Raya Padang Panjang-Bukittinggi.
Kecelakaan Bus Pariwisata di Tanah Datar: Tabrak Rumah Warga, Sepeda Motor dan Pejalan Kaki
2.397 Siswa SD dan SMP di Padang Terima Beasiswa Baznas
2.397 Siswa SD dan SMP di Padang Terima Beasiswa Baznas
Bus MPM Tabrakan dengan Truk di Tanah Datar, 4 Orang Luka
Bus MPM Tabrakan dengan Truk di Tanah Datar, 4 Orang Luka