42 Persen Calon Haji Sumbar 2022 Daftar di Bank Nagari

Langgam.id - Sebanyak 42 persen calon jemaah haji Sumatra Barat tahun ini mendaftar lewat Bank Nagari, atau meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad menyebutkan, sebagai bank kebanggaan masyarakat Sumbar, Bank Nagari terus meningkatkan pelayanan produk keuangannya. Hal itu dibuktikan dengan ditunjuknya Bank Nagari sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) dari Kementerian Agama (Kemenag) sejak tahun 2018 lalu, dan tersambung secara online dengan Siskohat Kemenag RI.

Sejak dipercaya sebagai BPS BPIH, Bank Nagari telah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak di antaranya Persaudaraan Haji Indonesia (PHI), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), dan Biro Travel Haji dan Umrah.

Irsyad mengatakan, untuk menyukseskan program tersebut, Bank Nagari menyediakan produk-produk terkait Haji di antaranya Tabungan Tahari Mabrur, Tabungan Tahari Junior sebagai gerakan Ayo Haji Muda, dengan memberikan fasilitas atau keuntungan mendaftar haji melalui Bank Nagari dengan mudah memperoleh Porsi Haji, tersambung secara online dengan SISKOHAT di Kemenag, dan penyetoran dapat dilakukan di seluruh Kantor Bank Nagari.

”Kemudian, bebas biaya administrasi, dan transaksi pembayaran setoran pelunasan non teller melalui Nagari Mobile Banking, ATM dan NCM Personal (Internet Banking),” jelasnya, Senin (26/12/2022).

Dengan layanan prima yang diberikan kepada nasabah serta lengkapnya produk dan layanan yang disediakan, Irsyad menyebut sangat tepat pendaftaran pelaksanaan ibadah haji dilakukan melalui Bank Nagari yang tersebar diseluruh pelosok daerah di Provinsi Sumbar

Sementara itu, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra menjelaskan, dengan semakin melandainya pandemi Covid-19, jumlah masyarakat yang memanfaatkan Bank Nagari dalam melaksanakan pendaftaran porsi haji menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Ia mengungkapkan, pendaftaran porsi haji di tahun 2022 ini meningkat sebesar 15 persen dibanding tahun 2021, yaitu sebanyak 1.981 calon jamaah (Calhaj). Dibandingkan dengan jumlah pendaftar di Sumbar sebanyak 4.689 calon jamaah, Bank Nagari juga memperoleh share sebesar 42,24 persen.

”Berarti 42,24 persen calon jamaah haji Sumbar di tahun 2022 ini mendaftar melalui Bank Nagari, dan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Bank Nagari,” ungkapnya.

Dengan prestasi tersebut, baru-baru ini Bank Nagari berhasil menerima penghargaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam hal Penerimaan Pendaftaran dan Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH).

Sebagai apresiasi atas pencapaian tersebut, pada kegiatan Annual Meeting dan BPKH Sustainable Banking Award 2022 tanggal 19 Desember 2022 bertempat di Jakarta, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari menerima penghargaan Terbaik 3 untuk Kategori Bank Penerima Setoran-Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) Pertumbuhan Pendaftar Haji terbaik Kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Penghargaan tersebut langsung diterima Dirut Bank Nagari Muhamad Irsyad didampingi Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra. Penghargaan tersebut diberikan tidak saja sebagai mitra BPKH yang telah bekerja sama dalam menghimpun setoran haji namun juga karena ikut mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. (Advertorial)

Baca Juga

Bank Nagari Kirim TRC dan Bantuan Awal untuk Korban Bencana Sumbar
Bank Nagari Kirim TRC dan Bantuan Awal untuk Korban Bencana Sumbar
Ollin by Nagari Raih The 2nd Best Mobile Banking Infobank Award
Ollin by Nagari Raih The 2nd Best Mobile Banking Infobank Award
Bank Nagari Salurkan Bantuan Pakaian Layak untuk Korban Banjir Pessel
Bank Nagari Salurkan Bantuan Pakaian Layak untuk Korban Banjir Pessel
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Pansel Umumkan 11 Nama Lulus Seleksi Calon Komisaris Bank Nagari
Waspadai Modus Phising dan Soceng, Bank Nagari Ingatkan Potensi Kejahatan Transaksi Digital
Waspadai Modus Phising dan Soceng, Bank Nagari Ingatkan Potensi Kejahatan Transaksi Digital
Bank Nagari Bantu 1.000 Pelaku UMKM di Sumbar Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan
Bank Nagari Bantu 1.000 Pelaku UMKM di Sumbar Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan