4 Madrasah di Sumbar Lolos Kompetisi Robotik Nasional

Langgam.id - Sebanyak enam madrasah dari Sumatra Barat (Sumbar) berhasil lolos seleksi untuk mengikuti kompetisi robotik tingkat nasional.

Karya siswa-siswi madrasah di Sumbar yang akan ikut Kompetisi Robotik Madrasah se-Indonesia. [Foto: Dok. Kemenag Sumbar]

Langgam.id - Sebanyak empat madrasah dari Sumatra Barat (Sumbar) berhasil lolos seleksi untuk mengikuti kompetisi robotik tingkat nasional pada 22-23 November 2022, dengan jumlah enam peserta atau kelompok.

Diketahui, Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition (MRC) merupakan ajang kompetisi robot tingkat madrasah se-Indonesia. Program ini pertama kali diselenggarakan tahun 2015 di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, Helmi mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih kepada siswa madrasah yang lolos seleksi tersebut.

"Alhamdulillah, kita patut berbangga dan berterima kasih dengan prestasi siswa-siswi madrasah Sumatra Barat. Ini sekaligus membuktikan bahwa siswa-siswi madrasah bisa berkompetisi di segala bidang, tak terkecuali di bidang sains dan robotik ini," ujar Helmi dikutip dari laman resmi Kemenag Sumbar, Selasa (1/11/2022).

Menurut Helmi, pendidikan robotik, selain meningkatkan inteligensi anak, juga dapat mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi. Kemudian, juga mengembangkan semangat belajar siswa-siswi madrasah.

"Bagaimana mereka merencanakan, merangkai dan membangun robot sesuai imajinasi mereka. Kemudian, juga bisa meningkatkan kreativitas setiap anak yang terlibat dalam pembuatan robot tersebut,” ungkapnya.

Helmi berharap, madrasah di Sumatra Barat, baik negeri maupun swasta, bisa meningkatkan pengetahuan siswa tentang robotik. Karena, kegiatan robotik bisa melatih kreativitas dan merangsang logika berpikir.

Lalu, untuk siswa-siswi yang lolos dalam kompetisi kali ini, kata Helmi, jajarannya siap memberikan dukungan penuh dan motivasi. Mudah-mudahan perwakilan madrasah dari Sumbar bisa memberikan yang terbaik dan memacu madrasah lain untuk ikut di kompetisi yang sama.

Kemudian, Helmi menjelaskan, Kompetisi Robotik Madrasah juga merupakan salah satu ajang dalam menyiapkan generasi Indonesia 2045 dalam menghadapi Era Cybion (Cybernetics, Biologi and Ontology).

“Robotik melatih motorik siswa-siswi. Melatih motorik sangat penting. Dalam robotika, siswa-siswi belajar merangkai dan menyusun komponen mekanik menjadi berbagai macam bentuk,” paparnya.

Selain paham ilmu agama, lanjut Helmi, siswa-siswi madrasah juga bisa menguasai ilmu teknologi, sehingga siswa madrasah memiliki daya saing di dunia kerja.

Berikut enam peserta/kelompok yang lolos seleksi untuk ikut Kompetisi Robotik Madrasah se-Indonesia:

Kategori Robot Inovasi

  • Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Tarbiyah Islamiyah Canduang dengan peserta Fajar Heru Tama dan Hamidah Azkia.
  • MAN 1 Bukittinggi, dengan peserta Uswatun Hasanan dan Hanifa Rahmi.
  • MTsN 6 Kota Padang, Sumatera Barat dengan peserta Alif Sulthan dan Andini Eliana Naurif.
  • MIN Bukittinggi, dengan peserta Muhammad Viqran Antona dan Fadhel Al Kiram.

Kategori Mobile Robot

  • MIN Bukittinggi dengan peserta Airin Shezfa Ameera dan Barra Khalfani Aretha.

Kategori Battle Robot

  • Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Tarbiyah Islamiyah Canduang dengan peserta Duta Prayuda Putra dan Mufdi Ul Fauzi.

Baca juga: Inyiak Canduang Dinilai Layak Jadi Pahlawan Nasional

Selain enam madrasah tersebut, juga ada satu madrasah dari Sumbar yang masuk dalam kategori cadangan, yaitu MAN 2 Pasaman Barat, masuk dalam kategori Robot Inovasi dengan peserta Nurhidayah dan Shervi Andi Riani.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tag:

Baca Juga

Ekspor CPO Sumbar
Polsek Lembah Melintang Pasbar Amankan 2 Pelaku Pencurian Sawit
Sebanyak empat TPS di Kota Padang akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Pencoblosan ulang itu tersebar di tiga kecamatan di Padang
4 TPS di Padang Bakal Gelar Pemungutan Suara Ulang 24 Februari 2024
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menghadiri perayaan HUT ke-21 SMAN 14 Padang yang berlokasi di Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan
HUT ke-21 SMAN 14 Padang, Gubernur: Ini Jadi Ajang Refleksi Untuk Peningkatan Prestasi
Besok, Prof Diana Kartika Dilantik jadi Rektor UBH Periode 2024-2028
Besok, Prof Diana Kartika Dilantik jadi Rektor UBH Periode 2024-2028
KPU terus memperbarui perolehan suara pemilihan legislatif (pileg) di DPRD Padang. Untuk sementara waktu, PKS unggul dibandingkan partai
6 Caleg Ini Raih Suara Tertinggi Sementara di Masing-masing Dapil DPRD Padang
Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama