35 BUMN di Sumbar Bantu Rp8 Miliar untuk Penanggulangan Covid-19

35 BUMN di Sumbar Bantu Rp8 Miliar untuk Penanggulangan Covid-19

Ilustrasi Uang (Pixabay.com)

Langgam.id - Sebanyak 35 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Sumatra Barat (Sumbar) turut membantu pencegahan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) di daerah itu. Bantuan senilai Rp8 miliar akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

35 BUMN tersebut tergabung dalam Satuan Gugus Tugas (Satgas) Bencana Nasional BUMN di Sumbar itu akan memberikan bantuan dalam bentuk Alat Kesehatan (Alkes) untuk penanganan Covid-19, dalam seremonial penyerahan bantau itu diserahkan senilai Rp1 miliar lebih.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyebutkan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Satgas Bencana BUMN Sumatera Barat. Hal ini sangat membantu pemerintah dalam memerangi wabah Covid-19 di Sumbar.

"Saya berharap dalam pelaksanaannya dapat dikoordinasikan dengan baik, sehingga penyaluran bantuan tepat sasaran dan hasilnya maksimal," ujarnya di Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (21/4/2020).

Dijelaskannya, bagi siapa saja yang ingin memberikan bantuan (Penanggulangan Covid-19) dapat disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Sumbar, karena memiliki data yang dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Sementara itu, Kepala PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, Insan Kesuma sekaligus Ketua Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar mengatakan, bahwa total bantuan yang diberikan secara simbolis kepada Pemprov Sumbar untuk penanggulangan wabah Covid-19 ini senilai Rp8 miliar lebih.

Rincian bantuan Rp8 miliar itu, kata Insan, senilai Rp5 miliar lebih telah disalurkan beberapa BUMN di Sumbar sebelum terbentuknya Satgas Bencana BUMN Sumbar. Lalu, senilai Rp1 miliar lebih diserahkan hari ini.

Kemudian, bantuan senilai Rp1 Miliar, diserahkan langsung ke beberapa rumah sakit rujukan di Sumbar, bantuan itu berupa Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, baju hazmat, masker, ventilator, westafel portable, thermogun, sembako dan bentuk lainnya.

Satgas Bencana Nasional BUMN Sumatera Barat, jelas Insan, berpusat di kantor PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat, karena PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat juga ditunjuk sebagai PIC kegiatan di Sumbar.

Dijelaskannya, Satgas Bencana Nasional BUMN wilayah Sumbar hingga saat ini beranggotakan sebanyak 48 BUMN serta dibentuk pula koordinator tiap-tiap kabupaten dan kota guna mempermudah koordinasi dengan BPBD setempat. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Pendaftaran beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) 2024 telah dibuka. Anda punya kesempatan untuk dapat
Beasiswa APERTI BUMN 2024 Telah Dibuka, Ada Kesempatan Langsung Kerja di BUMN
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum