30 Kelompok Tani di Payakumbuh Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

InfoLanggam - Sebanyak 30 kelompok tani di Kota Payakumbuh menerima bantuan alat dan mesin pertanian pada Jumat (14/6/2024) di Kantor Dinas Pertanian Kota Payakumbuh.

Bantuan ini merupakan program Pompanisasi Kegiatan Perluasan Areal Tanam (PAT) dari Kementerian Pertanian. Bantuan yang diserahkan yakni 13 pompa air dan 17 hand sprayer.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Suprayitno bersama dengan Direktur Buah dan Florikultura Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian RI Liferdi

Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno mengatakan bahwa Kota Payakumbuh memiliki luas sawah tadah hujan terverifikasi lebih kurang 188,33 hektare.

"Alhamdulillah dengan bantuan ini tentu dapat mengoptimalkan sawah tadah hujan kita, yang harapannya dapat meningkatkan hasil pertanian di Kota Payakumbuh," ujarnya.

Ia mengatakan dengan meningkatnya hasil produksi akan dapat membantu mengendalikan dan menekan laju inflasi di Kota Payakumbuh.

"Jika hasil pertanian kita menurun tentu akan berdampak kepada inflasi. Sebaliknya jika hasil pertanian meningkat tentu dapat mengendalikan inflasi dan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi petani," bebernya.

Selain bantuan, sambung Suprayitno, kehadiran langsung Direktur Buah dan Flotikultura Liferdi dalam menyerahkan bantuan dapat dimanfaatkan oleh petani untuk dapat menggali ilmu dan berbagi pengalaman.

"Harapan kita tentu nantinya program-program dari kementerian pertanian terus ada untuk Kota Payakumbuh," ujarnya.

Sementara itu Direktur Buah dan Florikultura Liferdi mengatakan bahwa PAT merupakan instruksi Menteri Pertanian melalui Keputusan Menteri Pertanian No 243 tahun 2024 tentang satgas antisipasi darurat pangan yang bersinergis dengan TNI untuk melakukan pertambahan areal tanam menyusul perkiraan BMKG terkait musim kemarau yanga da di beberapa wilayah di Indonesia

Khusus Kota Payakumbuh melalui pompanisasi dan irigasi perpompaan memanfaatkan lahan-lahan tidur dan lahan sawah yang berpotensi tidak bisa dialiri.

“Program pompanisasi bertujuan untuk menjaga produksi pertanian selama kemarau tetap stabil seperti saat musim penghujan," ucapnya. (*)

Baca Juga

Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno melepas secara resmi keberangkatan logistik untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD
Lepas Pendistribusian Logistik PSU DPD, Pj Wako Payakumbuh Imbau Warga Gunakan Hak Pilih
Bawaslu masih menemukan calon anggota DPD yang memasang alat peraga kampanye (APK) di beberapa titik di Kota Payakumbuh. Padahal berdasarkan
Bawaslu Bakal Tertibkan 113 APK Calon Anggota DPD yang Masih Terpasang di Payakumbuh
Payakumbuh Botuang Festival (PBF) yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf)
Payakumbuh Botuang Festival Dibuka, Pj Wako: Pemko Komitmen Majukan Pariwisata dan Ekraf
Kapolres Payakumbuh berganti dari AKBP Wahyuni Sri Lestari kepada pejabat yang baru yaitu AKBP Ricky Ricardo. Selasa (9/7/2024), digelar
Kapolres Payakumbuh Berganti, Pemko Yakin Sinergitas Akan Terjalin Lebih Kuat
Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 yang digelar di halaman Balai Kota Payakumbuh, berlangsung meriah.
Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Payakumbuh 2024 Berlangsung Meriah
Sebanyak 204 jemaah haji Kota Payakumbuh yang tergabung dalam kloter X tiba kembali di kampung halaman pada Jumat (5/7/2024).
204 Jemaah Haji Payakumbuh Tiba di Kampung Halaman, Disambut Haru Keluarga