3 Drone Patroli Udara Pantau Wilayah Payakumbuh

Drone Patroli Payakumbuh

Ilustrasi - drone (Foto: Pexels/pixabay.com)

Langgam.id - Tiga unit drone patroli udara di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh. Patroli ini digelar Polres bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Payakumbuh untuk memantau kemungkinan kebakaran hutan dan lahan.

Patroli gabungan dilaksanakan Kasubag Dal Ops Polres Payakumbuh AKP Aprinal Lubis, Kapolsek Luhak AKP Amirwan, Kepala BPDB Payakumbuh Yufnani Away bersama 4 personel dan 1 operator drone Humas Pemko Payakumbuh, Jumat (6/3/2020).

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan, patroli digelar untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan pembalakan hutan. "Patroli drone gabungan menyasar kawasan hutan dan daerah rawan karhutla," katanya sebagaimana dilansir tribratanews di situs resmi Polri, Senin (9/3/2020).

Dua titik yang dinilai rawan adalah kawasan hutan di Jorong Subarang Ai, Nagari Batu Payuang dan Jorong Sungai Ipuah, Nagari Sitanang, Kec. Lareh Sago Halaban, Kab. 50 Kota. Sedangkan di Kota Payakumbuh, patroli diarahkan untuk memantau kawasan hutan lindung Ngalau Indah dan di sekitar Jalan By Pass.

Menurut Kapolres, patroli dengan drone lebih efektif, memonitor lokasi yang lebih luas dan sulit dijangkau. Ketimbang patroli menggunakan mobil, motor ataupun berjalan kaki.

Kapolres Payakumbuh mengungkapkan, insiatif patroli drone dilakukan mengingat pada tahun 2019 terdapat 9 kejadian Karhutla di wilayah hukum Polres Payakumbuh.

Menurutnya, kebakaran hutan di wilayah hukumnya karena kebiasaan masyarakat membuka dan membersihkan lahan dengan cara dibakar. “Jangan pernah bilang di Payakumbuh dan sekitarnya bukan lokasi rawan karhutla, datanya ada kok. Meski tidak sebanyak di daerah lain di Sumatera Barat. Kita tidak boleh remehkan ini, kita harus mengambil langkah-langkah antisipatif," ujar Kapolres kepada jajarannya.

Berdasarkan data tersebut, Kapolres Payakumbuh akan mengajak Stakeholder melakukan langkah-langkah pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan yang dilaksanakan berdasarkan informasi titik api dari Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (Lapan), data Karhutla tahun 2019 dan data lokasi rawan Karhutla lainnya serta modus pembakaran lahan.

“Kita akan bahas lagi bersama Stakeholder, memang tidak bisa dikerjakan sendiri,” ujar Kapolres. (*/SS)

Baca Juga

Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh menangkap seorang pria berinisial Nas (46) yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan
Polisi Ciduk Dua Orang yang Transaksi Sabu di Payakumbuh, Satu Tersangka Kabur
Diduga menjual dan mengedarkan narkotika jenis sabu, pasangan suami istri (pasutri) ditangkap Sat Narkoba Polres Payakumbuh pada Minggu
Diduga Edarkan Sabu, Pasutri di Payakumbuh Diamankan Polisi
Diduga memiliki narkotika jenis sabu, seorang pria dengan nama samaran Dompet, ditangkap Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh.
Diduga Bawa Sabu Senilai Rp18 Juta, Pria Ini Ditangkap Polres Payakumbuh
Satreskrim Polres Payakumbuh meringkus seorang pria paruh baya di los daging Pasar Ibuh pada Rabu (24/4/2024). Pria yang biasa disapa dengan
Diduga Gelapkan Hasil Penjualan Sapi, Pria Paruh Baya di Payakumbuh Diringkus Polisi
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh