3 Agenda Sumbar Masuk '100 Events' Pariwisata Unggulan Indonesia 2019

3 Agenda Sumbar Masuk '100 Events' Pariwisata Unggulan Indonesia 2019

Ilustrasi 100 Event Wisata (Sumber; kominfo.go.id}

 

Langgam.id - Kementerian Pariwisata merilis 100 events pariwisata unggulan di seluruh Indonesia yang tertuang dalam 100 Calendar of Events Wonderful 2019. Dari 100 acara tersebut, hanya tiga yang berlokasi di Sumatra Barat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dirilisnya 100 Calendar of Events Wonderful 2019 ini agar Indonesia dapat dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki event pariwisata berkualitas dan berstandar internasional, sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan dalam jumlah yang lebih besar.

"Tahun 2019 ini, kami siap menyuguhkan rangkuman event pariwisata Indonesia terbaik yang telah dikurasi dalam 100 Wonderful Events,” katanya, sebagaimana dilansir situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kamis (10/1/2019).

Untuk masuk 100 besar ini, menurur Arief, agenda yang diusulkan pemeirntah daerah mesti memenuhi standar 4C, yakni: nilai kreatifitas (creative value), nilai komersil (commercial value), nilai komunikasi (communication value), serta didukung oleh komitmen/keseriusan kepala daerah (CEO commitment) dalam mengembangkan pariwisata daerahnya.

“100 Wonderful Events yang masuk dalam Calendar of Events 2019 memberikan dampak perputaran ekonomi yang langsung dirasakan oleh masyarakat setempat, serta mampu meningkatkan nilai media (media value) bagi citra destinasi wisata daerah”, ujar Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural sekaligus Ketua Pelaksana Calendar of Events Kemenpar RI, Esthy Reko Astuti.

Sebelumnya, 100 Calendar of Events 2019 ini telah diluncurkan akhir Desember 2018 oleh Menpar Arief Yahya, dalam rangkaian acara Winner : Wonderful Indonesia Energy 2018 sekaligus Jumpa Pers Akhir Tahun 2018 yang digelar pada Kamis, (20/12/2018) di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenpar.

Tiga agenda wisata yang masuk kalender tersebut adalah Pasa Harau Art & Culture Festival 2019 pada 9-11 Agustus 2019, Tour de Singkarak pada 2-10 November 2019 dan Festival Pesona Budaya Minangkabau pada 4-7 Desember 2019.

Pasa Harau Art & Culture Festival adalah event yang digagas anak-anak muda pegiat seni budaya dan pariwisata yang diselenggarakan di Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Tour de Singkarak merupakan event balap sepeda Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sumbar.

Sementara, Festival Pesona Budaya Minangkabau merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. (HM)

Baca Juga

Pameran Foto dan Seni Rupa Di Bawah Kuasa Naga, Sebuah Kritikan pada Kebijakan Pariwisata
Pameran Foto dan Seni Rupa Di Bawah Kuasa Naga, Sebuah Kritikan pada Kebijakan Pariwisata
Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka event Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Jumat (12/4/2024).
Sumarak Labuah Babudayo Jadi Pembuka Progul Satu Nagari Satu Event Tanah Datar 2024
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Pemko Revitalisasi Pedestrian Pantai Padang Sambut Pemudik Lebaran
Pemko Revitalisasi Pedestrian Pantai Padang Sambut Pemudik Lebaran
Sejumlah event pariwisata akan digelar di Sumatra Barat (Sumbar) pada 2024 ini. Dikutip dari akun Instagram @dispar.sumbar dan @minanglipp,
Catat! Ini Kalender Event Sumatra Barat 2024, Ada Festival Durian
Salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Padang yaitu Pantai Pasir Jambak, kini semakin menarik karena dilengkapi dengan berbagai wahana
Gaet Wisatawan, Pantai Pasir Jambak Padang Kini Dilengkapi ATV, Berkuda dan Memanah