28 Tahun Tinggal di Rumah Tak Layak, Baznas Semen Padang Bangun Rumah Warga Koto Lalang

28 Tahun Tinggal di Rumah Tak Layak, Baznas Semen Padang Bangun Rumah Warga Koto Lalang

Baznas Semen Padang bangunkan rumah Silvia, warga Koto Lalang. (Foto: Dok Humas SP)

Langgam.id - Impian Silvia Dewina (42), seorang warga RT 3, RW 2, Kelurahan Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, untuk memiliki rumah layak huni akhirnya terwujud pada Selasa (11/6/2024) lalu.

Melalui Program Peduli Hunian Tahun 2024, Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ BAZNAS) PT Semen Padang mewujudkan impian Silvia yang telah 28 tahun tinggal di rumahnya yang sebelumnya tidak layak.

Pada Selasa, Kepala Pelaksana Harian UPZ BAZNAS PT Semen Padang Muhammad Arif dan Kepala Pelaksana Teknis UPZ BAZNAS PT Semen Padang Mafril, menyerahkan kunci rumah bantuan yang telah selesai dibangun kepada Silvia Dewina. Rumah itu selesai dibangun selama lebih kurang 20 hari, dengan luas 6x6 meter persegi, terdiri dari dua kamar tidur dan terdapat ruangan untuk mandi, cuci dan kakus (MCK). Kemudian, bahannya untuk atap terbuat dari seng, rangka kayu, dinding asbes dan bagian depannya dari beton.

Silvia Dewina merupakan warga kurang mampu yang menempati rumah tersebut bersama anak perempuannya, Agil Aidil Fitri (21) dan suami anaknya, Boby Saputra serta 2 anaknya yang masih balita. Silvia Dewina sebenarnya memiliki 4 orang anak, 3 di antaranya sudah menikah sementara yang terakhir masih di duduk bangku SMP dan tinggal bersama salah seorang kakaknya yang lain.

Sebelum menerima pembangunan rumah melalui Program Peduli Hunian dari lembaga penyalur zakat karyawan Semen Padang Group yang merupakan bagian dari SIG, Silvia Dewina tinggal di rumah yang kondisinya cukup memperihatinkan yang jauh dari kata layak huni, dengan atap yang sudah bocor, berdinding papan yang mulai lepas dan tiang penyangga yang sudah lapuk.

Silvia mengaku bahagia karena beberapa tahun lalu mendambakan rumah yang layak dan saat ini bisa mendapatkannya. "Kami bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih UPZ Baznas PT Semen Padang yang telah membangunkan rumah baru buat saya dan keluarga,” ucap Silvia Dewina, di sela-sela acara peresmian pemakaian rumah yang ditandai dengan penyerahan kunci rumah.

Dia menuturkan kisah pilu yang ditinggal mantan suami sekitar 12 tahun lalu. Sebagai janda yang hanya ibu rumah tangga, ia tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan terpaksa tinggal di rumah tidak layak huni tersebut bersama anak-anaknya.

Silvia mengungkapkan, rumah yang ia tempati ini dibangun di atas tanah milik keluarga mantan suaminya. "Keluarga mantan suami atau keluarga ayah dari anak saya ini sangat peduli dengan kami, sehingga membolehkan rumah ini dibangun melalui Program Peduli Hunian UPZ BAZNAS PT Semen Padang dengan syarat diperuntukkan untuk anak dan cucunya," kata dia.

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas PT Semen Padang, Muhammad Arif mengatakan bahwa bantuan pembangunan rumah yang diperuntukkan bagi mustahik Silvia Dewina ini merupakan bagian dari program Peduli Hunian. Program ini diperuntukan kepada warga miskin yang tidak memiliki rumah yang layak, dan pemberian bantuan untuk Silvia Dewina ini sudah sesuai dengan peruntukannya. Biaya pembangunan rumah Silvia menelan dana sebesar Rp 28.297.000 tersebut, berasal dari zakat karyawan Semen Padang Group yang dihimpun oleh UPZ Baznas PT Semen Padang.

“Jadi, ini adalah zakat karyawan Semen Padang Group yang kami salurkan kepada Silvia Dewina yang merupakan seorang janda. Nah, karena ada tanah hibah dari keluarga mantan suaminya, makanya kami bangunkan rumah baru untuk Silvia Dewina ini. Semoga, Silvia beserta anak dan betah tinggal di rumah baru ini,” kata Muhammad Arif.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis secara terpisah mengapresiasi UPZ PT Baznas Semen Padang yang telah menyalurkan zakat karyawan Semen Padang Group untuk membangun rumah layak huni bagi Ibu Silvia Dewina, seorang janda di Kelurahan Koto Lalang, Kota Padang.

“Program pemberian bantuan rumah ini sangat tepat dan signifikan dalam membantu saudari Silvia Dewina yang selama ini tinggal di pondok kecil di tengah sawah. Rumah baru ini tentunya akan sangat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga Ibu Silvia Dewina,” kata Iskandar.

Ia mengapresiasi kerja UPZ Baznas PT Semen Padang yang telah menyalurkan zakat karyawan Semen Padang Group secara tepat sasaran melalui program Peduli Hunian. Hal ini sejalan dengan komitmen PT Semen Padang untuk turut berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Semoga ke depannya UPZ Baznas PT Semen Padang dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam penghimpunan dan penyaluran zakat, sehingga semakin banyak masyarakat kurang mampu yang dapat terbantu dan meningkat kesejahteraannya,” kata Iskandar. (*/Fs)

Baca Juga

Dirut Resmikan Kantor Perkumpulan Keluarga Pensiunan Semen Padang
Dirut Resmikan Kantor Perkumpulan Keluarga Pensiunan Semen Padang
Donor Darah HUT ke-66, PT Semen Padang Serahkan 429 Kantong Darah ke PMI
Donor Darah HUT ke-66, PT Semen Padang Serahkan 429 Kantong Darah ke PMI
Temukan Balon di Pohon Karet, Penyadap dapat Hadiah 30 Zak Semen
Temukan Balon di Pohon Karet, Penyadap dapat Hadiah 30 Zak Semen
HUT ke 66 Pengambilalihan dari Belanda, Dirut Semen Padang: Tetap Semangat Hadapi Tantangan
HUT ke 66 Pengambilalihan dari Belanda, Dirut Semen Padang: Tetap Semangat Hadapi Tantangan
Semen Padang Bantu 6 Unit Alat Tenun untuk Dolas Songket di Sawahlunto
Semen Padang Bantu 6 Unit Alat Tenun untuk Dolas Songket di Sawahlunto
Semen Padang Sosialisasi Budidaya Maggot di Kelurahan Rawang
Semen Padang Sosialisasi Budidaya Maggot di Kelurahan Rawang