220 Ton Beras Cadangan Pangan Pemprov Sumbar Disalurkan untuk Warga Korban Bencana Pessel

220 Ton Beras Cadangan Pangan Pemprov Sumbar Disalurkan untuk Warga Korban Bencana Pessel

Gubernur Mahyeldi secara simbolis menyerahkan beras cadangan pangan provinsi untuk warga terdampak bencana di Pesisir Selatan. (Foto: Adp Sumbar)

Langgam.id - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyalurkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemprov (CPP) Sumbar sebanyak 220 ton untuk masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Gubernur meminta agar pendistribusian kepada seluruh warga dapat dilakukan secara menyeluruh.

"Alhamdulillah, hari kita menyalurkan cadangan beras pangan untuk masyarakat di Pesisir Selatan sebanyak 220 ton. Setelah ini juga akan datang bantuan beras dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebanyak 168 ton. Sebelumnya, Pemkab Pesisir Selatan juga telah menyalurkan sebanyak 51 ton," ucap Gubernur dikutip, Selasa (19/3/2024).

Gubernur menyebutkan, penyaluran beras cadangan pangan bertujuan untuk meringankan beban warga Pessel, yang tengah dalam masa pemulihan pascabencana banjir dan longsor yang melanda pada 7-8 Maret lalu.

Terlebih, saat ini masyarakat tengah menjalani ibadah puasa Ramadan, sehingga sangat membutuhkan bantuan guna pemenuhan pasokan pangan sehari-hari.

"Semoga bantuan cadangan pangan ini dapat menghibur duka saudara dan dunsanak kita di Pesisir Selatan. Kami minta jajaran pemerintah terkait di Kabupaten Pessel segera mendistribusikan beras ini kepada seluruh warga yang terdampak. Sebab, 13 dari 15 kecamatan yang ada di Pessel terdampak oleh banjir dan longsor, sehingga penyaluran bantuan beras ini harus dilakukan secara cepat dan merata," ucGubernur lagi.

Sebanyak 220 ton atau 220.000 kilogram beras cadangan dari Pemprov Sumbar untuk Kabupaten Pessel tersebut, ditempatkan di dua titik, yaitu Kantor Camat Tarusan dan Kantor Camat Sutera. Masyarakat menyatakan sangat berterima kasih atas bantuan beras yang disalurkan di tengah duka yang melanda warga pascabencana banjir dan longsor.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan jajaran beliau di Provinsi. Bantuan beras ini sangat dibutuhkan oleh warga kami. Semoga bantuan lainnya, termasuk untuk perbaikan rumah, juga bisa kami terima dari pemerintah," ucap Uul Saputra, tokoh pemuda Bayang, di sela agenda penyaluran beras cadangan tersebut.

Turut serta mendampingi Gubernur dalam penyaluran beras cadangan tersebut, Kabiro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Sumbar, Mursalim; Sekretaris Dinas Pangan, Edi Dharma; serta jajaran lain di lingkup Pemprov Sumbar dan Pemkab Pessel. (*/Fs)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah melakukan pengawasan terhadap produk makanan, minuman dan parsel di pusat perbelanjaan Transmart Padang, Jumat (5/4/2024)
Ramai Warga Belanja Jelang Lebaran, Mahyeldi: Cek Tanggal Kedaluwarsa dan Keutuhan Kemasan
dprd jalan
Pemprov Sumbar Alokasikan Rp137 Miliar Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar
Gubernur Sumatra Barat mengeluarkan pengumuman terkait pengaturan lalu lintas jalan selama arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun
Pembatasan Angkutan Barang saat Mudik Lebaran Berlaku di 2 Ruas Jalan di Sumbar