2021, Polisi Catat Ada 85 Kasus Kekerasan Seksual Anak di Padang

Langgam.id-kekerasan seksual anak

Para pelaku kekerasan seksual terhadap anak yang berhasil diungkap pihak kepolisian di Kota Padang. [foto: Irwanda/langgam.id]

Langgam.id - Polisi mencatat terdapat 85 kasus kekerasan seksual terhadap anak diungkap di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) mulai Januari-November 2021. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya dengan periode yang sama.

"48 kasus kekerasan seksual terhadap anak untuk tahun kemarin. Ada peningkatan tahun sekarang," kata Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir, Senin (22/11/2021).

Imran menyebutkan, kekerasan seksual terhadap anak terbanyak terjadi November 2021 yakni terdapat enam kasus. Para pelaku tidak lain merupakan orang terdekat korban.

"Korban anak perempuan maupun laki-laki. Pelaku dari orang tua, kakek, paman, kakak, sepupu dan juga tetangga. Semua dalam proses penyidik Satreskrim Polresta Padang," jelasnya.

Kasus terbaru yang ditangani pihak kepolisian akhir-akhir ini menjadi sorotan publik. Mulai dari kasus kekerasan seksual yang dialami kakak beradik oleh keluarganya sendiri mulai kakek, paman, kakak, sepupu hingga tetangga.

Selanjutnya adalah kasus sodomi yang dilakukan oleh seorang oknum guru ngaji. Polisi memprediksi sebanyak 14 anak laki-laki menjadi korban.

Baca juga: Adik-Kakak di Padang Diperkosa Bergilir: dari Kakek, Paman hingga Tetangga

Imran tak menampik kasus kekerasan terhadap anak saat ini di Kota Padang sangat masif. Maka itu perlu pengawasan lebih ketat terhadap anak agar tidak menjadi korban.

"Perlu kepedulian semua untuk mengawasi anak agar tidak jadi korban. Pelaku bukan orang jauh dari korban, orang yang sering berinteraksi," tuturnya.

Baca Juga

Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Ambulans Tabrak Anggota Polisi yang Bubarkan Tawuran di Padang, Sopir Ternyata Mabuk
Ambulans Tabrak Anggota Polisi yang Bubarkan Tawuran di Padang, Sopir Ternyata Mabuk
Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
72 Kendaraan Balap Liar Diamankan, Polresta Padang Beri Peringatan Keras
72 Kendaraan Balap Liar Diamankan, Polresta Padang Beri Peringatan Keras
Kapolresta Padang, Kombes Pol Ferry Harahap memimpin kegiatan serah terima jabatan Kapolsek Padang Utara, Selasa (19/3/2024) di Lapangan.
Kapolsek Padang Utara Berganti, Kini Dijabat AKP Rommy Kurnia Putra
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar