2 Unit Rumah Gadang Terbakar di Agam, Kerugian Capai Rp15 Miliar

Kebakaran rumah di Agam

Kebakaran rumah di Agam. (Foto: Polisi

Langgam.id - Dua unit Rumah Gadang hangus terbakar di Jorong Biaro, Nagari Biaro Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabuparen Agam, Sumatra Barat (Sumbar), Sabtu (29/2/2020) sore.

Selain Rumah Gadang, satu unit rumah semi permanen serta dua unit sepeda motor juga habis dilahap di jago merah. Peristiwa ini sempat membuat panik masyarakat setempat, apalagi beberapa saksi mendengar ledakan saat api mulai membesar.

Data yang diterima langgam.id, Rumah Gadang yang hangus terbakar berukuran 13x8 meter. Bangunan khas Minangkabau ini terbuat dari kayu, atap seng dan dinding kayu. Satu buah Rangkiang ukuran 3x4 meter juga terbakar. Sementara rumah semi permanen yang terbakar berukuran 6x9 meter.

Kapolsek IV Ampek Angkek AKP Indra Zepri mengatakan dari keterangan para saksi sempat mendengar suara ledakan. Para saksi terkejut dan asap hitam disertai api sudah membesar.

"Api juga membakar dua unit sepeda motor nerek Yamaha jenis Jupiter Z dan Nouvo. Diduga asal api pertama sekali dari tungku masak yang lupa dimatikan," kata Indra, Minggu (1/3/2020).

Ia mengatakan api baru dapat dipadamkan dengan mengerahkan empat unit armada pemadam kebakaran dari Kabuoaten Agam, Bukittinggi dan Padang Panjang.

"Korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada. Namum kerugian ditaksir mencapai Rp15 miliar," ujarnya. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja.
Agam Canangkan Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Desa Wisata Pesona Pagadih merupakan satu dari tiga desa wisata di Sumbar yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia
Masuk 50 Besar ADWI 2024, Desa Wisata Pesona Pagadih Agam Bakal Dikunjungi Kemenparekraf
Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun
Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun
Damkar Padang melakukan pemeriksaan kelengkapan alat proteksi kebakaran di sembilan pasar di ibu kota Sumatra Barat ini. Pemeriksaan tersebut
Mulai Hari Ini, Damkar Padang Periksa Kelengkapan Alat Proteksi Kebakaran di 9 Pasar