2 Hercules Bakal Terbangkan Perantau Minang dari Papua

2 Hercules Bakal Terbangkan Perantau Minang dari Papua

2 Pesawat Hercules milik TNI AU dikirimkan Panglima TNI untuk mengangkut perantau Minang kembali ke Sumbar (ist)

Langgam.id - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjono mengirimkan 2 unit pesawat Hercules untuk mengangkut perantau Minang yang berada di Wamena, Papua. Keputusan mengirim pesawat TNI AU ini diambil setelah menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Gebu Minang Oesman Sapta, malam ini.

“Alhamdulillah, untuk memulangkan perantau dari Wamena ke Sumbar, Pak Panglima bersedia mengirim dua Hercules TNI yang bisa membawa 1.000 orang. Sekalian juga bisa membawa warga Papua asal Sulawesi,” kata Bendara Umum Gebu Minang, Yendra Fahmi melalui rilis yang diterima langgam.id, Minggu (29/9/2019).

Menurut Fahmi, Ketum Gebu Minang menyampaikan keprihatinannya atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Papua. Ketua DPD RI itu juga berpesan agar peristiwa ini perlu mendapat perhatian seriun dari pemerintah, termasuk penanganan pengungsi yang masih bertahan di kantor Polres dan Kodim Kabupaten Jaya Wijaya.

Untuk upaya pemulangan perantau, kata Fahmi, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang sedang menyambangi pengungsi di Wamena, Papua.

"Yang penting sanak saudara kita itu dibawa  pulang dulu ke Ranah Minang. Nyawa mereka jauh lebih penting," sebut Wasekjen Gebu Minang, Zulhendri.

Gebu Minang Pusat juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (TNI) Donny Monardo yang semalam juga sudah terbang ke Papua untuk menangani masalah pengungsi.

Seperti diketahui, lebih dari 300 perantau Minang masih tertahan di pengungsian Mapolres dan Makodim pasca kerusuhan yang menrenggut lebih 30 orang dan 9 diantaranya adalah warga Minang asal Pesisir Selatan. (*/ICA)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa faktor keluarga dan kepedulian masyarakat berperan sangat penting untuk mengatasi berbagai
Gubernur: Keluarga dan Kepedulian Masyarakat Berperan Atasi Masalah Sosial Kependudukan
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
UNP Bakal Buka Prodi PGSD di Mentawai, Gubernur: Sesuai dengan Kebutuhan Daerah
Pemprov Sumbar mengundang perwakilan dari lima kementerian untuk rapat bersama guna membahas sejumlah permasalahan Mentawai
Rumuskan Strategi Percepatan Pembangunan, Pemprov Undang 5 Kementerian ke Mentawai
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menghadiri perayaan HUT ke-21 SMAN 14 Padang yang berlokasi di Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan
HUT ke-21 SMAN 14 Padang, Gubernur: Ini Jadi Ajang Refleksi Untuk Peningkatan Prestasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, akan segera menetapkan Tim Verifikasi Tanah terkait Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik
Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik, Gubernur Akan Segera Tetapkan Tim Verifikasi Tanah
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka iven drama musikal, meresmikan KoTehe Edotel di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping
Gubernur Sumbar Buka Iven Budaya dan Resmikan KoTehe Edotel SMKN 1 Lubuk Sikaping