2.027 Mahasiswa UIN IB Padang Akan Ikuti KKN ke-50 Tahun 2024

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB) akan menurunkan 2.027 orang mahasiswa untuk mengikuti proses Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Salah satu nagari yang akan menjadi lokasi KKN mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. [foto: UIN IB Padang]

InfoLanggam - Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB) akan menurunkan 2.027 orang mahasiswa untuk mengikuti proses Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode ke-50 tahun 2024.

Pelaksanaan KKN tahun ini terbilang istimewa dan mengalami kemajuan. Hal ini karena ada 29 orang mahasiswa akan mengikuti KKN Internasional pada empat negara yang akan menjadi lokasi khusus (lokus). Yaitu, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand dan Kamboja.

“Sengaja kami melibatkan mahasiswa untuk level internasional dengan alasan adanya kesepakatan antara UIN Imam Bonjol Padang dengan empat negara yang sudah melakukan program kerjasama berupa Memorandum of Understanding (MoU) beberapa waktu lalu antara Rektor UIN IB Padang, Martin Kustati didampingi Warek Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Welhendri Azwar," ujar Ketua LP2M, Hulwati.

Ia menambahkan, program ini terlaksana berdasarkan hasil kesepakatan dengan empat negara tersebut akan dimulai bulan Agusutus 2024. Hingga saat ini untuk Kamboja, Thailand, Brunei dan Malaysia telah disepakati hanya selama tujuh atau sampai 10 hari dengan jumlah mahasiswa sebanyal 29 orang.

"Kita juga prediksi untuk tiga negara lain maksimal selama 15 hari kerja. Ya, kita memang sangat bergantung dengan aturan yang mereka buat," bebernya.

Selain KKN Internasional, terangnya, mahasiswa UIN IB Padang, juga berkesempatan sebagai peserta KKN Melayu Serumpun yang tahun ini dilaksanakan di UIN Langsa Aceh dengan jumlah mahasiswa sebanyak 10 orang.

Mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan sesuai aturan akademik juga diikutsertakan sebagai peserta KKN Moderasi Beragama dengan tuan rumah Provinsi Bandung dengan jumlah mahasiswa 9 orang.

"Sedangkan untuk kolaborasi antar Perguruang Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) juga di Purwokerto setelah melalui proses seleksi menjadi hingga 6 orang," tuturnya.

Khusus untuk wilayah Pemda Provinsi Sumbar yang juga menggelar KKN Tuah Sakato, katanya, UIN Imam Bonjol Padang juga melibatkan 30 orang mahasiswa yang akan dipusatkan di Kabupaten Pasaman Barat dengan agenda utama meminimalisir kasus stunting.

Hulwati mengaatakan, rincian jumlah peserta KKN ke-50 masing-masing fakultas yang ada di UIN IB Padang terdiri dari Fakultas Adab & Humaniora sebanyak 203 mahasiswa.

Kemudian, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam 442 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 344 orang, Fakultas Sains dan Tekhologi 105 orang, Fakultas Syariah 460 orang, Fakultas Tarbiyah & Keguruan 70 orang dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama 403 orang.

Sementara itu, jumlah lokasi atau nagari yang akan dijadikan untuk melakukan pengabdian dengan sistem KKN sebanyak 83 nagari yg terdiri dari 10 kabupaten di Sumbar.

Yaitu, di Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Tanah Datar, Dharmasraya, Sijunjung, Limapuluh Kota.

Hulwati mengatakan, dari sejumlah lokus ini pihaknya melibatkan 80 orang dosen pembimbing lapangan (DPL) yang sebelumnya telah mengisi formular sebagai calon DPL.

Para DPL ini selama 40 hari pelaksanaan KKN akan mendampingi dan mengarahkan mahasiswa dalam rangka menyukseskan program yang telah dibuat oleh masing-masing wali nagari, terutama walnag yang tahun 2024 ini telah dimekarkan.

“Kita optimislah program nagari ini bisa dibantu oleh setiap mahasiswa kita. Karena sebelum turun ke lokasi KKN, dilakukan uji kompetensi sesuai dengan aturan yang berlaku. Seperti kemampuan membaca, tulis Alquran, pemahaman keagamaan, kemampuan berbahasa asing dan kemampuan berkomunikasi,’’ ujar Hulwati.

Kapus PKM Yurisman menambahkan, setiap nagari sebelumnya digelar Rapat Koordinasi (Rakor) antara LP2M dengan Kadinas PMD/Nagari, Camat dan Nagari di 10 Kabupaten, mahasiswanya berkisar antara 23-24 orang mahasiswa/nagari/ 1 DPL.

Sebaran mahasiswa di setiap kabupaten di Sumbar kata Yurisman yaitu Solok 184 mahasiswa, Solsel 216 mahasiswa, Pasbar 184 mahasiswa, Pasaman 336 mahasiswa, Limapuluh Kota 184 mahasiswa, Agam 144 mahasiswa, Dharmasraya 184 mahasiswa, Tanah Datar 144 mahasiswa, Sijunjung 184 mahasiswa, Padang Pariman 184 mahasiswa. (*)

Baca Juga

Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Imam Bonjol Padang, Naila Hayati, mengantarkan mahasiswa yang akan melaksanakan PPL,
MAS Saning Bakar Sambut Mahasiswa PPL UIN Imam Bonjol Padang
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati menerima Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri di lantai II Rektorat Kampus III
UIN Imam Bonjol Jalin Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Padang
LPM UIN Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Pengisian Risk Register Manajemen Resiko di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang.
LPM UIN Imam Bonjol Padang Gelar Workshop Pengisian Risk Register Manajemen Resiko
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati melepas 20 mahasiswa untuk mengikuti Program Student Mobility di Istanbul Foundation, Turkiye
Rektor UIN IB Padang Lepas 20 Mahasiwa Ikuti Program Student Mobility ke Turkiye dan Australia
Kementerian Agama dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Forum Interfaith and Intercivilizational Reception
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Sambut Baik Digelarnya Forum Intercivilizational Reception
UIN Imam Bonjol Padang akan menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Ujian ini akan dilaksanakan
UM-PTKIN UIN Imam Bonjol Padang Digelar 24-25 Juni 2024