19 Personel Polda Sumbar Ikuti Pemecahan Rekor Selam Dunia

19 Personel Polda Sumbar Ikuti Pemecahan Rekor Selam Dunia

Pemecahan rekor selam dunia di Manado, Sulawesi Utara. (Foto: Polda Sumbar)

Langgam.id - Sebanyak 19 personel Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) ambil bagian dalam pemecahan rekor selam dunia di Pantai Manado, Sulawesi Utara.

Direktur Polisi Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Sumbar Kombes Pol Soelistijono sekaligus ketua tim mengatakan, dari 19 personel tersebut, 7 orang dari Ditpolairud Polda Sumbar dan 12 anggota dari Satuan Brimob Polda Sumbar. Tim dari Polda Sumbar sudah tiba di Manado sejak beberapa hari yang lalu.

"Kami bersyukur bisa mengikuti momen bersejarah ini, apalagi momen atau event selam ini memecahkan rekor dunia," katanya, dalam siaran pers yang diterima Langgam.id, Sabtu (3/8/2019).

Menurutnya, pemecahan rekor selam dunia ini event yang jadi catatan sejarah. Ada beberapa kategori pemecahan rekor dalam kegiatan tersebut. Yakni, rekor penyelaman terbanyak (Longest Human Chain Underwater), rangkaian penyelam terpanjang di bawah air (Most People Scuba Diving) dan pembentangan bendera terbesar di bawah air (Largest Unfurled Flag Underwater).

Pemecahan Rekor Dunia Selam Guinness World Records ini, diselenggarakan oleh Wanita Selam Indonesia (WASI) dengan ketua umum WASI, Ny. Tri Tito Karnavian.

Dikatakan Dirpolairud Polda Sumbar, pelaksanaan pemecahan rekor Penyelaman Massal Terbanyak (Longest Human Chain Underwater) dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2019 dari pukul 07.00 hingga 12.00 WITA.

"Setelah itu, pelaksanaan pemecahan rekor Rangkaian Penyelam Terpanjang di bawah air (Most People Scuba Diving) dan Pembentangan bendera terbesar dibawah air (Largest Unfurled Flag Underwater)," terangnya.

Pemecahan rekor dunia (Guiness World Records) “The Most People Scuba Diving Simultanously” bukan kali pertama dilakukan WASI. Sebelumnya pemecahan rekor tersebut pernah diselenggarakan pada 17 Agustus 2009 di Indonesia diikuti oleh 2.486 penyelam. Sedangkan pada tahun ini, jumlahnya sekitar 3.000 orang penyelaman. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Personel Polda Sumbar yang berhasil meraih medali emas cabang gulat SEA Games 2023 Kamboja beberapa waktu lalu, Bripda Randa Rian Desta sudah sampai di Ranah Minang pada Senin (22/5/2023).
Tiba di BIM, Personel Polda Sumbar Peraih Emas SEA Games Diarak Menuju Auditorium Gubernur
Atlet Indonesia yang juga merupakan personel Polda Sumbar, Randa Riandesta berhasil meraih emas dari cabang gulat SEA Games 2023
Personel Polda Sumbar Randa Riandesta Raih Emas Cabor Gulat SEA Games 2023
Usai menggelar aksi buntut dari pelarangan liputan Wawako Padang, KWAK Sumbar resmi melaporkan beberapa oknum pegawai Pemprov ke Polda
Buntut Pengusiran Saat Peliputan, KWAK Laporkan Oknum Pegawai Pemprov ke Polda Sumbar
Pemudik Meningkat, Kapolda Tekankan Pemantauan Lalu Lintas dan Tempat Wisata
Pemudik Meningkat, Kapolda Tekankan Pemantauan Lalu Lintas dan Tempat Wisata
Langgam.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram Nomor: ST/2776/XII/KEP/2022 mengganti Kapolres di Sumbar.
Polda Sumbar Turunkan 2.052 Petugas dalam Operasi Ketupat Singgalang, Total Pos 89
Kapolda Sumbar Jelaskan Penerapan One Way pada H-3 hingga H+3 Lebaran
Kapolda Sumbar Jelaskan Penerapan One Way pada H-3 hingga H+3 Lebaran