150 Jiwa Terdampak Banjir di Agam

Banjir di Agam

Banjir di Agam. (BPBP Agam)

Langgam.id - Banjir melanda kawasan Jorong Gantiang, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), Minggu (5/4/2020) pagi. Puluhan Kepala Keluarga (KK) terdampak akibat bencana tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Syafrizal mengatakan banjir diakibatkan meluapnya aliran sungai batang sitanang. Debit meluap sehingga menggenangi rumah warga serta lahan pertanian.

"Sekarang air sudah mulai surut, cuman di rumah warga masih ada yang tergenang air. Genangan air surut hanya baru di lahan pertanian," kata Syafrizal dihubungi Langgam.id, Minggu (5/4/2020) siang.

Baca juga : Malalo Tepian Danau Singkarak Dihantam Longsor, 2 Orang Tertimbun

Syafrizal mengatakan sebanyak 30 KK terdampak bencana banjir. Sebagian juga sempat diungsikan. Sedangkan untuk luas lahan pertanian terdampak masih dilakukan pendataan.

"Terdampak rumah penduduk sekitar 30 kepala keluarga dengan 150 jiwa. Lahan pertanian juga terdampak, tapi kami masih mendata, tim masih di lapangan.
Memang anak-anak sempat diungsikan sementara ke rumah penduduk yang aman," ujarnya.

Baca juga : 2 Korban yang Tertimbun Longsor di Malalo Masih Dicari

Syafrizal meminta warga tetap waspada, mengingat kondisi cuaca di Agam masih terlihat bendung. Namun pihaknya selalu siaga dan mengerahkan personel dalam upaya penanggulangan bencana. (Irwanda/ICA)

Tag:

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
Data Terbaru Bencana di Sumbar, BNPB: Korban Jiwa Capai 50 Orang
Sejumlah bangunan di Kabupaten Agam terdampak banjir bandang yang melanda daerah tersebut pada Sabtu (11/5/2024) malam. Salah satunya adalah SDN 03 Koto Tuo, Kecamatan IV Koto.
Diterjang Banjir Bandang, Bangunan SDN 03 Koto Tuo Agam Rusak Berat