119 Peserta Ikuti Pengukuhan Lulusan PPG UIN Imam Bonjol Padang

InfoLanggam - Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar acara pengukuhan lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebanyak 119 orang yang hadir secara online dan offline di Pangeran Beach Hotel pada Minggu (19/5/2024).

Acara ini menandai puncak dari proses pendidikan dan pelatihan yang telah ditempuh oleh para guru untuk memperoleh kompetensi profesional dalam mengajar.

Proses pengukuhan ini dihadiri oleh rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati, Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat, serta para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Tarbiyah beserta jajarannya.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan awal untuk meningkatkan karir dan profesionalitas serta langkah penting dalam perjalanan sebagai seorang pendidik.

Rektor juga memberikan apresiasi terhadap para peserta PPG dan berharap agar para guru lebih kreatif dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sosial yang ada untuk memaksimalkan kinerja dan dapat mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang telah didapat selama masa pendidikan.

Proses Wisuda PPG hari ini juga dihadiri oleh Direktur Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Republik Indonesia, M Munir selaku orator.

Dalam pesannya, ia mengharapkan kepada para guru yang dikukuhkan untuk upgrade diri dan jangan hanya mengandalkan program yang hanya berjalan selama 6 bulan ini saja.

"Karena saingannya kedepan adalah keilmuan berbasis AI (Artificial Intelligence), jika tidak, maka akan tertinggal dan juga sebagai guru PAI harus menanamkan “rahmatan lil ‘alamin” dan cinta NKRI”," bebernya.

Apresiasi dan rasa terima kasih kepada para wisudawan juga disampaikan oleh Dekan Tarbiyah, Yasmadi.

"Semoga pengorbanan bapak ibu guru dapat menjadi amal ibadah serta untuk para admin terima kasih telah bersemangat dan kinerja terus meningkat setiap harinya, diharapkan kerjasama lainnya nanti lebih baik lagi terakhir kami mohon maaf jika layanan kami kurang memenuhi,” bebernya.

Penyerahan proses alumni diberikan langsung oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang kepada Rimelfi. Rimefli mengucapkan terimakasih dan harapan semoga alumni yang telah dilantik dapat memegang amanah dan mampu menjalankan kewajibannya.

Sementara itu Iqbal Syahrizal sebagai salah satu peserta PPG menyampaikan rasa terima kasih kepada para stakeholder terutama LPTK UIN Imam Bonjol Padang yang telah menyelenggarakan acara ini.

“Saya berharap agar teman-teman yang belum lulus agar tetap semangat itu bukan kegagalan tapi bisa jadi cobaan dan bagi kami yang lulus agar kami dapat mengemban amanah ini,” ujarnya. (*)

Baca Juga

Lembaga Penjamin Mutu Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaksana Mutu Internal
LPM UIN IB Padang Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaksana Mutu Internal
Sebanyak 20 mahasiswa terpilih ajang Student of Imam Bonjol Academic Community – Smart Internship Program (SIBac-sip) 2024.
20 Mahasiswa UIN IB Padang Lolos SIBac-sip 2024, Bakal Berangkat ke Turki dan Australia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang mengadakan workshop untuk peningkatan layanan fakultas. Kegiatan ini dibuka oleh
FEBI UIN Imam Bonjol Padang Adakan Workshop Peningkatan Layanan Fakultas
UIN Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peninjauan Standar Mutu yang bertajuk “Memperkuat Standar Mutu melalui Peninjauan Standar Mutu
Tingkatkan Standar Mutu Dosen, UIN IB Padang Gelar Workshop Peninjauan Standar Mutu
Sebagai regulator, Kementerian Agama Republik Indonesia tidak sebatas menyusun berbagai regulasi dan kebijakan yang menitikberatkan pelayanan
Haji Ramah Lansia: Fokus Kementerian Agama RI Tahun 2024
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar kegiatan yang bertajuk “Optimalisasi Penyusunan Juknis: Strategi dan Implementasi
Tingkatkan Kualitas Layanan, UIN Imam Bonjol Padang Gelar Kegiatan Penyusunan Juknis