Inilah jadwal Kegiatan Komunitas Seni Nan Tumpah Selama 2019

Inilah jadwal Kegiatan Komunitas Seni Nan Tumpah Selama 2019

Pertunjukan Alam Takambang Jadi Batu oleh Komunitas Seni Nan Tumpah. (Foto: Langgam.id/Dokumen KSNT)

Langgam.id - Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) Padangpariaman, Sumatra Barat menyiapkan berbagai program kesenian yang siap digelar selama tahun 2019.

Berbagai kegiatan tersebut mulai dari pementasan hingga program pendidikan yang disiapkan bagi pelajar yang ada pada beberapa sekolah di Sumbar.

"Program-program tersebut tidak hanya melibatkan pekerja seni, akan tetapi juga masyarakat umum serta pelajar," kata Direktur KSNT, Mahatma Muhammad, Selasa (15/1/2019).

Program pertama adalah Nan Tumpah Akhir Pekan, merupakan program baru yang diluncurkan oleh KSNT pada tahun 2019. Mahatma menyebutkan, program ini dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu.

Pada program tersebut, selain kegiatan yang dirancang oleh anggota komunitas, pihaknya juga mengakomodasi pihak lain yang ingin berkegiatan di komunitasnya.

Program selanjutnya adalah Ke Rumah Nan Tumpah, program ini melibatkan masyarakat sekitar sekretariat KSNT, yakni di Jorong Kasai Nagari Batang Anai, Padangpariaman dengan kegiatan berupa pertunjukan seni tradisi, lokakarya, pemutaran film dan kegiatan literasi.

Selama tahun 2019, program ini digelar sebanyak tiga kali, pada 6 April dimulai dengan pertunjukan Kelompok Randai Saedar Siti.

Pada 3 hingga 8 agustus dilanjutkan dengan pameran foto serta pemutaran film oleh Street Photo Festival serta Lokakarya Menggambar oleh Gang Arang. Pada 1 Desember akan dilakukan Pertujukan Drama Musikal Anak Korong Kasai.

Selanjutnya, Nan Tumpah Masuk Sekolah adalah program KSNT yang melibatkan pelajar pada sekolah yang telah ditentukan.

Melalui program ini Mahatma menyebutkan pihaknya ingin membagi pengetahuan tentang dasar seni pertujukan serta membangun apresiasi serta iklim berkesenian di antara para pelajar.

Program Nan Tumpah Masuk Sekolah digelar selama tiga kali, program pertama dilakukan pada 4-16 Februari, kemudian pada 25 Februari dan terakhir pada 25-27 April.

Pada 30-31 Agustus, KSNT juga akan melakukan pementasan teater berjudul Kaba-kaba yang Membunuh Tukang Kaba dan Ibu-ibu yang Selalu Mengutuki Diri Sendiri. Naskah ini merupakan bagian kedua dari trilogi Alam Takambang Jadi Batu karya Mahatma Muhammad.

Perhelatan lain yang juga disiapkan untuk tahun 2019 adalah Pekan Nan Tumpah. Program ini telah dimulai sejak tahun 2011 lalu dan dilaksanakan selama sepekan.

Pekan Nan Tumpah dijadwalkan digelar pada 9-15 Oktober dengan mengedapankan seni pertunjukan kontemporer berbasis tradisi, pameran seni rupa dan pagelaran sastra.(SR)

Baca Juga

Festival Gamad Malam Ini, Melihat Gamaik Melintasi Waktu
Festival Gamad Malam Ini, Melihat Gamaik Melintasi Waktu
Festival Gamad, Hidayat: Untuk Aktivasi Warisan Budaya Takbenda
Festival Gamad, Hidayat: Untuk Aktivasi Warisan Budaya Takbenda
Anak Nagari Panyalaian Hidupkan Malam Kesenian Tradisi
Anak Nagari Panyalaian Hidupkan Malam Kesenian Tradisi
Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) akan dimulai malam ini, Senin (2/10/2023). Iven tahunan ini akan menampilkan sejumlah kesenian daerah yang
Darak Badarak dan Penerima Anugerah Kebudayaan Ada di PKD 2023 Malam Ini
Rang Solok Baralek Gadang yang merupakan event kebanggaan masyarakat Kota Solok akan digelar pada 16-18 September 2023. Kegiatan ini
Beragam Kesenian Bakal Meriahkan Rang Solok Baralek Gadang 2023, Ada Darak Badarak
Tim Ahli Cagar Budaya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan kesenian Situpai Janjang
Kesenian Situpai Janjang dari Agam Masuk Daftar Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2023