10 Daerah dengan Jumlah Pondok Pesantren Terbanyak di Sumbar

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pondok pesantren di Sumatra Barat (Sumbar) pada 2022 sebanyak 335. Jumlah ini meningkat dibanding 2021 yang hanya 330 pondok pesantren.

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek merupakan salah satu ponpes di Sumbar. [foto: IG @thawalibparabek]

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Di Sumbar terdapat 330 pondok pesantren. Terbanyak ditemukan di Padang Pariaman.

Langgam.id - Sumatra Barat (Sumbar) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Dengan begitu, di Sumbar banyak ditemukan pondok pesantren.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu Provinsi Sumatra Barat Dalam Angka 2022, di Sumbar terdapat 330 pondok pesantren pada 2021 lalu.

Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan data 2020, dimana saat itu ada 214 pondok pesantren.

Dari data 2021 tersebut, 330 pondok pesantren itu tersebar di 18 kabupaten/kota di Sumbar. Cuma satu daerah saja yang tidak ditemukan pondok pesantren yaitu di Kepulauan Mentawai.

Daerah di Sumbar dengan jumlah pondok pesantren terbanyak adalah Padang Pariaman. Daerah yang dekat dengan Padang ini terdapat 52 pondok pesantren.

Di posisi kedua yaitu Agam 46 pondok pesantren, posisi ketiga Pasaman Barat 33 pondok pesantren, posisi keempat ada Kabupaten Solok 29 pondok pesantren.

Kemudian, posisi kelima ada Tanah Datar 24 pondok pesantren, posisi keenam Padang dengan 21 pondok pesantren.

Di posisi ketujuh dan kedelapan adalah Pesisir Selatan dan Limapuluh Kota dengan masing-masingnya 17 pondok pesantren.

Sedangkan di posisi kesembilan yaitu Dharmasraya 15 pondok pesantren. Serta, di posisi 10 adalah Payakumbuh dengan 14 pondok pesantren.

Seterusnya, ada Pasaman 13 pondok pesantren, Sijunjung 12 pondok pesantren, Pariaman 9 pondok pesantren, Solok Selatan 8 pondok pesantren.

Baca juga: Bukan Padang, Ini 4 Daerah dengan Jumlah Musala Terbanyak di Sumbar

Berikutnya, Bukittinggi 8 pondok pesantren, Padang Panjang 6 pondok pesantren, Kota Solok 5 pondok pesantren dan Sawahlunto 1 pondok pesantren.

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Sumatra Barat (Sumbar) pada 2023 lalu mencapai 13.341.025 orang.
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Wisatawan Nusantara Terbanyak di Sumbar
Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Harga cabai di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan jelang Ramadan. 
Siapkan Kebijakan Strategis, Gubernur Yakin Harga Pangan Sumbar Terkendali Saat Ramadan
Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem