Selama 2024, KAI Catat Layani 1,69 Juta Pelanggan Bersubsidi di Sumbar

Selama 2024, KAI Catat Layani 1,69 Juta Pelanggan Bersubsidi di Sumbar

Layanan angkutan kereta api KAI Divre II Sumbar. (Foto: dok. Humas)

Langgam.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan terus memperluas akses transportasi publik berbasis rel melalui skema tarif bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO).

Secara keseluruhan pada tahun 2025, PSO diproyeksikan melayani lebih dari 421 juta pelanggan di seluruh wilayah operasional KAI—bukti nyata hadirnya negara menjamin hak mobilitas masyarakat yang terjangkau, merata, dan berkelanjutan.

“PSO adalah bentuk nyata dukungan pemerintah melalui DJKA Kemenhub dan KAI Group untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat luas. Ini bukan sekadar subsidi, tapi solusi konkret untuk keadilan akses transportasi,” ujar Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab saat ditemui di Padang, Jumat (23/5/2025).

Dalam lima tahun terakhir, tren pelanggan kereta api secara keseluruhan yang menggunakan PSO terus meningkat:

  • 2021: 145 juta pelanggan
  • 2022: 255 juta pelanggan
  • 2023: 347 juta pelanggan
  • 2024: 427 juta pelanggan

2025 (proyeksi): 421 juta pelanggan

Total kumulatif 2021–2025: 1,59 miliar pelanggan.

Khusus di wilayah Divre II Sumbar, tren pelanggan yang menggunakan PSO juga meningkat ;

  • 2021: 506.906 pelanggan
  • 2022: 1.022.739 pelanggan
  • 2023: 1.609.286 pelanggan
  • 2024: 1.697.958 pelanggan

Pertumbuhan ini tidak lepas dari peran strategis DJKA sebagai penyusun kebijakan, pengawas layanan, dan pengalokasi anggaran PSO secara berkelanjutan.

“Data ini menunjukan semakin banyak masyarakat menggunakan Kereta api —terjangkau, tepat waktu, dan mendukung transisi menuju transportasi rendah emisi,” tambah Reza.

Hingga April 2025, KAI Divre II Sumbar juga mencatat pertumbuhan positif. Update sampai dengan April 2025 sebanyak 623.303 pelanggan telah dilayani, naik 13,27 % dibanding periode yang sama tahun lalu (550.259 pelanggan).

“PSO harus dilihat sebagai investasi masa depan yang berkelanjutan. KAI Divre II Sumbar berkomitmen terus bersinergi lintas sektor agar kereta api makin menjadi andalan—lebih aman, efisien, inklusif, dan ramah lingkungan,” tutup Reza. (*/f)

Baca Juga

KAI Sumbar Kembali Salurkan Bantuan Bencana Alam Tahap 2
KAI Sumbar Kembali Salurkan Bantuan Bencana Alam Tahap 2
Hingga November 2025, KAI Sumbar Salurkan Dana TJSL Rp552 Juta
Hingga November 2025, KAI Sumbar Salurkan Dana TJSL Rp552 Juta
KAI Sumbar Perkuat Komitmen Keselamatan Melalui Sertifikasi Petugas Operasional
KAI Sumbar Perkuat Komitmen Keselamatan Melalui Sertifikasi Petugas Operasional
Edukasi Publik, KAI Sumbar Tegaskan Rekrutmen Hanya Lewat Laman Resmi Perusahaan
Edukasi Publik, KAI Sumbar Tegaskan Rekrutmen Hanya Lewat Laman Resmi Perusahaan
KAI Sumbar dan Angkasa Pura Kenalkan Dunia Transportasi kepada Anak Sejak Dini
KAI Sumbar dan Angkasa Pura Kenalkan Dunia Transportasi kepada Anak Sejak Dini
Triwulan II/2025: KAI Sumbar Layani Hampir 1,5 Juta Penumpang
Triwulan II/2025: KAI Sumbar Layani Hampir 1,5 Juta Penumpang