Langgam.id - Libur Lebaran 1446 H yang dinanti-nanti masyarakat, kerap kali juga dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan. Salah satunya dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber untuk melancarkan aksi penipuan digital.
Bank Nagari, sebagai salah satu lembaga keuangan terpercaya di Sumatera Barat, mengimbau seluruh nasabahnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan langkah-langkah keamanan dalam bertransaksi nontunai.
Direktur Keuangan Bank Nagari, Roni Edrian, menekankan pentingnya bagi nasabah untuk selalu berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan tawaran atau iming-iming yang mencurigakan.
"Kami mengimbau kepada seluruh nasabah untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam melakukan transaksi digital, terutama selama periode libur Lebaran," ujar Roni Edrian, Sabtu (29/3/2025).
Ia mendorong nasabah mengoptimalkan layanan transaksi nontunai yang kini tersedia lengkap di aplikasi Ollin by Nagari, namun tetap memprioritaskan keamanan dalam bertransaksi.
Adapun, Bank Nagari memberikan tips keamanan bertransaksi digital untuk melindungi nasabah dari penipuan.
Beberapa tips itu antara lain nasabah perlu selalu memastikan alamat web resmi, di mana untuk selalu pastikan dan buka alamat web transaksi keuangan Bank Nagari yang resmi. Hindari mengakses situs web yang mencurigakan atau tidak dikenal.
Kemudian, unduh aplikasi resmi Bank Nagari hanya melalui Play Store atau App Store dengan tautan resmi yang disediakan oleh Bank Nagari.
Selanjutnya, waspadai tautan dan file palsu. Nasabah diminta jangan pernah mengakses tautan atau mengunduh file APK yang dikirimkan melalui whatsapp, email, atau aplikasi pesan lainnya yang tidak jelas asal-usulnya.
Kemudian, hindari menyimpan User ID dan Password saat melakukan transaksi keuangan di web browser.
Lalu, jaga kerahasiaan data pribadi dengan cara tidak pernah memberikan data pribadi seperti PIN, OTP, User Name, dan Password kepada pihak lain, termasuk yang mengaku sebagai petugas Bank Nagari.
Selain itu, secara rutin bersihkan data dan cache pada perangkat yang digunakan untuk bertransaksi.
Dan tentu saja pasang dan selalu perbarui aplikasi anti-virus pada perangkat yang digunakan untuk bertransaksi digital.
"Lindungi keuangan anda dengan selalu berhati-hati dalam bertransaksi. Silakan hubungi Call Center Bank Nagari 150234 untuk informasi dan bantuan," tegas Roni Edrian.
Ia menegaskan Bank Nagari berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan yang aman dan nyaman bagi seluruh nasabahnya.
Dengan meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan tips keamanan yang diberikan, diharapkan nasabah dapat terhindar dari berbagai bentuk penipuan digital selama libur Lebaran 1446 H.
Selain itu, Bank Nagari juga menghimbau kepada nasabah, untuk tetap menjaga kewaspadaan kepada bentuk penipuan yang berbentuk panggilan telepon, yang mengatasnamakan Bank Nagari. Untuk itu, jika ada hal-hal yang mencurigakan, untuk dapat langsung menghubungi call center Bank Nagari.
Selama libur Lebaran, Bank Nagari juga memastikan ketersediaan uang di ATM bank tersebut yang tersebar di seluruh Sumatra Barat. (*/fs)