Ekonomi merupakan dasar dalam setiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Ekonomi juga tidak dapat di lepaskan dari investasi yang merupakan modal utama dalam kesuksesan perekonomian. Pada masa sekarang, ekonomi dan investasi bukan lagi sekedar pemabhasan para petinggi, karena kehadiran budaya populer mampu mencerminkan dinamika dari ekonomi tersebut.
Budaya populer dan media adalal pembentuk opini paling berpengaruh yang akan berdampak pada pola pikir masyarakat tentang ekonomi dan investasi. Bagaimana budaya populer yang dilihat dari kaca nata media, dapat mempengaruhi ekonomo dan investasi di Indonesia.
Budaya populer bukan hanya mengaji tentang kebudayaan dalam sebuah negara, namun mencakup mengenai industri hiburan, film, musik, video game, dan masih banyak lagi. Budaya populer merupakan bagian dari industri kreatif yang menghasilkan pendapatan miliaran dolar tiap tahunnya.
Di Indonesia, industri kreatif menghasilkan sekitar 8,5% dari PDB nasional pada tahun 2020 (Kementrian PPN/Bappenas, 2021). Hal ini membuktikan betapa pentingnya peran budaya populer dalam perekonomian di Indonesia. Karya-karya baru yang kemudian mendunia sehingga menarik minat wisatawan asing, hal tersebut akan menghasilkan dampak positif pada perekonomian.
Budaya populer dan investasi juga merupakan dua hal yang jika di gabungkan akan menjadi hal yang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah investasi dalam industri musik, hal ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan, terutama dari penjulan tiket.
Contohnya konser black pink yang diadakan di Indonesia pada maret 2023 lalu, dengan banyaknya penonton yang hadir dan banyaknya tiket yang terjual, membuktikan betapa budaya populer memang sangat diminati oleh masyarakat saat ini. Investasi dalam budaya populer pada bidang fashion, juga akan meningkatkan perekonomian lokal. Mengingat banyaknya trand fashion saat ini, tentu tempat-tempat konveksi mmebutuhkam lebih banyak tenaga dalam pembuatan produknya, hal ini dapat memberi lapangan pekerjaan bagi para pencari pekerjaan.
Melihat ekonomi dan investasi dai budaya populer, tentu tidak akan terlepas dari peran media di dalamnya. Pada zaman yang serba canggih dan kemajuan teknologi, media merupakan aspek yang tidak akan jauh dari jangkauan manusia. Adanya media membuat budaya populer lebih cepat tersebar secara luas. Ekonomi dan investasi yang berkolaborasi dengan budaya populer tentu juga akan ikut terbantu dengan media dan penyebaran yang cepat tersebut. Musik atau film Indonesai yang menjadi perekonomian dan investasi tentu tidak akan di kenal masyarakat luar negri jika tidak ada peran media di dalamnya.
Media juga dapat membentuk sentimen pasar dengan berita dan analisis yang disampaikan. Berita positif yang banyak di tampilkan media, tentu akan berpengaruh pada kepercayaan masyarakat tentang investasi dan keadaan perekonomian. Liputan yang dilakukan oleh media, terutama tentang start up dan inovasi teknologi, sering kali menjadi penarik minat investor dalam melakukan investasi.
Salah satu media yang menjadi sorotan dalam ekonomi dan investasi adalah media sosial. Media sosial menajdi kekuatan baru dalam perekonomian dan dunia investasi. Media sosial mengubah cara pandang dan cara masyarakat mendapatkan informasi tentang investasi. Pengetahuan melalui konten pada platform-platform di media sosial menjadi alasan kuat masyarakat banyak melakukan investasi. Bukan hanya para golongan elit, bahkan sekarang banyak anak muda yang berbondong-bondong melakukan investasi untuk bekingan ekonomi di masa depan.
Ekonomi dan investasi dari budaya populer tentu tidak hanya menimbulkan efek jangka pendek, melainkan membentuk keuntungan jangka panjang. Dalam jangka panjang, budaya populer yang memperkenalkan tentang perekonomian dan investasi, akan membentuk nilai-nilai bagi generasi mendatang. Generasi muda yang tumbuh dengan paparan pada kewirausahaan, investasi, dan kesuksesan finansial, melalui budaya populer dan kaca mata media, akan cenderung terlibat aktif dalam ektivitas ekonomi dan investasi di masa depan.
Budaya populer mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk opini masyarakat mengenai ekonomi dan investasi. Persepsi yang terbangun dalam masyarakat, juga tidak dapat di lepaskan dari pengaruh media di dalamnya. Ekonomi dan investasi di masa depan, akan sangat berkaitan dengan budaya populer yang terus bermunculan. Jika pemerintah mampu melihat dan memanfaatkan peluang yang ada, maka bukan tidak mungkin ekonomi dan investasi Indonesia melaui budaya populer akan menjadi penghasilan utama di masa depan.
*Penulis: Fransiska Vazyabilla (Mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas)