Liburan Nyaman dan Sehat, KAI Sumbar Sediakan Pos Kesehatan Gratis bagi Penumpang

Liburan Nyaman dan Sehat, KAI Sumbar Sediakan Pos Kesehatan Gratis bagi Penumpang

PT KAI Divre II Sumbar menyediakan layanan kesehatan gratis. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Sebagai penyedia jasa transportasi umum massal, PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat tidak hanya berfokus pada keselamatan perjalanan KA. Namun, juga memberikan perhatian kepada para pelanggannya.

Salah satu cara yang dilakukan yakni dengan menyediakan fasilitas kesehatan gratis bagi penumpang serta menyiagakan petugas kesehatan di stasiun. Sehingga, penumpang yang sakit dapat langsung mendapatkan pertolongan petugas medis.

Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat M. As’ad Habibuddin mengatakan, saat ini, Pos Kesehatan di Divre II Sumbar terdapat di Stasiun Padang, Naras, Sicincin, dan Kayu Tanam. Fasilitas yang diberikan kepada penumpang di antaranya pemberian obat atau vitamin gratis, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat.

”Di samping itu, Pos Kesehatan di stasiun-stasiun tersebut juga dilengkapi dengan pemeriksaan saturasi oksigen. Lalu dapat pula memfasilitasi tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan tabung oksigen jika dalam kondisi darurat,” kata As’ad, Selasa (31/12/2024).

Selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 yakni mulai 19 Desember s.d 30 Desember 2024, sebanyak 26 penumpang sakit yang sudah dilayani di pos kesehatan. Dengan rincian 22 orang pelayanan di Pos Kesehatan Stasiun Padang dan 4 orang di Pos Kesehatan Stasiun Sicincin. Keluhan pelanggan didominasi oleh badan meriang dan kelelahan.

Berikut jam operasional Pos Kesehatan di stasiun-stasiun KAI Divre II Sumbar:

  • Stasiun padang: 04.30 s.d 21.30 WIB
  • Stasiun Naras: 04.45 s.d 19.30 WIB
  • Stasiun Sicincin: 06.30 s.d 20.00 WIB
  • Stasiun Kayutanam: 05.15 s.d 20.00 WIB

”Layanan Pos Kesehatan di stasiun ini tak hanya beroperasi saat liburan saja, tetapi setiap hari. Hal ini merupakan bagian dari komitmen KAI Divre II Sumbar untuk memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh pelanggan, terutama pada masa liburan,” ungkap As’ad.

As’ad pun mengimbau pelanggan yang mengeluhkan sakit selama perjalanan dapat menghubungi petugas di dalam kereta seperti Kondektur, Polsuska, dan petugas lainya. Selanjutnya, pelanggan yang sakit akan diperiksa oleh petugas medis dari stasiun terdekat yang akan dilintasi.

Selain Pos Kesehatan di stasiun, KAI Divre II Sumbar juga memiliki fasilitas kesehatan Klinik Mediska yang dapat digunakan oleh karyawan KAI Group, keluarga, serta masyarakat umum dan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Klinik Mediska ini berlokasi di Jl. Andalas No. 3 Kota Padang. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

10 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 64.194 Penumpang
10 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 64.194 Penumpang
KAI Sumbar Pastikan Liburan Nataru Bebas Cemas dengan Layanan Lost and Found
KAI Sumbar Pastikan Liburan Nataru Bebas Cemas dengan Layanan Lost and Found
Tingkatkan Layanan Saat Libur Nataru, Stasiun KA dan BIM Dilengkapi Shuttle Bus
Tingkatkan Layanan Saat Libur Nataru, Stasiun KA dan BIM Dilengkapi Shuttle Bus
Seminggu Periode Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 42.927 Penumpang
Seminggu Periode Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 42.927 Penumpang
Inovasi Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Hadirkan Live Musik dan Bagikan Suvenir ke Pelanggan
Inovasi Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Hadirkan Live Musik dan Bagikan Suvenir ke Pelanggan
4 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 23.208 Penumpang
4 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 23.208 Penumpang