Langgam.id - Sebagai penyedia jasa transportasi umum massal, PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat tidak hanya berfokus pada keselamatan perjalanan KA. Namun, juga memberikan perhatian kepada para pelanggannya.
Salah satu cara yang dilakukan yakni dengan menyediakan fasilitas kesehatan gratis bagi penumpang serta menyiagakan petugas kesehatan di stasiun. Sehingga, penumpang yang sakit dapat langsung mendapatkan pertolongan petugas medis.
Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat M. As’ad Habibuddin mengatakan, saat ini, Pos Kesehatan di Divre II Sumbar terdapat di Stasiun Padang, Naras, Sicincin, dan Kayu Tanam. Fasilitas yang diberikan kepada penumpang di antaranya pemberian obat atau vitamin gratis, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat.
”Di samping itu, Pos Kesehatan di stasiun-stasiun tersebut juga dilengkapi dengan pemeriksaan saturasi oksigen. Lalu dapat pula memfasilitasi tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan tabung oksigen jika dalam kondisi darurat,” kata As’ad, Selasa (31/12/2024).
Selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 yakni mulai 19 Desember s.d 30 Desember 2024, sebanyak 26 penumpang sakit yang sudah dilayani di pos kesehatan. Dengan rincian 22 orang pelayanan di Pos Kesehatan Stasiun Padang dan 4 orang di Pos Kesehatan Stasiun Sicincin. Keluhan pelanggan didominasi oleh badan meriang dan kelelahan.
Berikut jam operasional Pos Kesehatan di stasiun-stasiun KAI Divre II Sumbar:
- Stasiun padang: 04.30 s.d 21.30 WIB
- Stasiun Naras: 04.45 s.d 19.30 WIB
- Stasiun Sicincin: 06.30 s.d 20.00 WIB
- Stasiun Kayutanam: 05.15 s.d 20.00 WIB
”Layanan Pos Kesehatan di stasiun ini tak hanya beroperasi saat liburan saja, tetapi setiap hari. Hal ini merupakan bagian dari komitmen KAI Divre II Sumbar untuk memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh pelanggan, terutama pada masa liburan,” ungkap As’ad.
As’ad pun mengimbau pelanggan yang mengeluhkan sakit selama perjalanan dapat menghubungi petugas di dalam kereta seperti Kondektur, Polsuska, dan petugas lainya. Selanjutnya, pelanggan yang sakit akan diperiksa oleh petugas medis dari stasiun terdekat yang akan dilintasi.
Selain Pos Kesehatan di stasiun, KAI Divre II Sumbar juga memiliki fasilitas kesehatan Klinik Mediska yang dapat digunakan oleh karyawan KAI Group, keluarga, serta masyarakat umum dan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Klinik Mediska ini berlokasi di Jl. Andalas No. 3 Kota Padang. (*/Fs)