Libur Nataru, KAI Divre Sumbar Prediksi Volume Penumpang Naik 3 Persen

Libur Nataru, KAI Divre Sumbar Prediksi Volume Penumpang Naik 3 Persen

Penumpang kereta api di Stasiun Simpang Haru. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat memprediksi terjadi peningkatan volume penumpang sebesar 3 persen pada libur Natal dan Tahun Baru 2025. KAI menetapkan masa libur Nataru tahun ini yaitu selama 18 hari, sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat M. As’ad Habibuddin mengatakan, pada Nataru tahun ini, KAI Divre II Sumbar memprediksi akan terdapat 119.886 penumpang. Naik 3 persen dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya sebanyak 116.631 penumpang.

”Prediksi kenaikan volume di masa Nataru ini karena melihat adanya tren peningkatan secara keseluruhan pada angkutan penumpang di sepanjang tahun. Masyarakat memilih menggunakan kereta api karena faktor kenyamanan, ketepatan waktu, dan harga yang murah,” kata As’ad, Rabu (18/12/2024).

Saat ini terdapat 3 layanan kereta api di Divre II Sumbar yakni KA Pariaman Ekspres relasi Stasiun Pauhlima/Padang – Stasiun Naras pp dengan tarif Rp5.000 sekali jalan, KA Minangkabau Ekspres relasi Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Stasiun Pulau Air pp dengan tarif Rp10.000 sekali jalan, dan KA Lembah Anai relasi Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Stasiun Kayu Tanam pp dengan tarif Rp5.000 dan relasi Stasiun Duku - Stasiun Kayu Tanam pp dengan tarif Rp3.000.

"Mengingat tiket terbatas, maka kami menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI," kata As’ad.

Pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan. Sehingga calon pelanggan yang memiliki rencana menggunakan KA dapat jauh-jauh hari membeli tiket tanpa takut kehabisan. KAI juga masih menyediakan loket untuk penjualan tiket yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA, selama tiket masih tersedia.

”Kami terus mengimbau kepada pelanggan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama saat menggunakan transportasi kereta api. Perhatikan juga barang bawaannya, jangan sampai membawa barang-barang yang dilarang dibawa di atas KA seperti barang berbau menyengat atau barang yang berbahaya,” tutup As’ad. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

KAI Sumbar Ingatkan Masyarakat Waspadai Penipuan Berkedok Rekrutmen
KAI Sumbar Ingatkan Masyarakat Waspadai Penipuan Berkedok Rekrutmen
Jelang HUT ke-80, KAI Sumbar Gelar Aksi Donor Darah, Pemeriksaan Mata dan Mini MCU Gratis
Jelang HUT ke-80, KAI Sumbar Gelar Aksi Donor Darah, Pemeriksaan Mata dan Mini MCU Gratis
KAI Divre II Sumbar Lakukan Mitigasi Intensif Hadapi Musim Hujan
KAI Divre II Sumbar Lakukan Mitigasi Intensif Hadapi Musim Hujan
KAI Divre Sumbar Pastikan Keandalan Sarana Perkeretaapian Lewat Perawatan Berkala
KAI Divre Sumbar Pastikan Keandalan Sarana Perkeretaapian Lewat Perawatan Berkala
Libur Panjang Maulid Nabi, KAI Sumbar Catat Penjualan Tiket KA Pariaman Ekspres Tembus 112 Persen
Libur Panjang Maulid Nabi, KAI Sumbar Catat Penjualan Tiket KA Pariaman Ekspres Tembus 112 Persen
Hari Pelanggan Nasional, KAI Sumbar Bagikan Souvenir ke Penumpang Setia
Hari Pelanggan Nasional, KAI Sumbar Bagikan Souvenir ke Penumpang Setia