KAI Sumbar Lakukan Ramp Check Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan Angkutan Lebaran

Langgam.id - Dalam rangka memastikan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api selama periode Angkutan Lebaran 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) bersama Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas II Padang Kementerian Perhubungan menggelar Ramp Check atau inspeksi perkeretaapian di wilayah Divre II Sumbar.

Kegiatan ini berlangsung sejak Senin (24/2/2025) lalu hingga Kamis (27/2/2025).

Ramp Check ini dilakukan sebagai bentuk komitmen KAI dalam menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman, terutama menjelang momen Lebaran yang selalu mengalami lonjakan penumpang. Inspeksi meliputi pengecekan Standar Pelayanan Minimum (SPM) di stasiun serta aspek keselamatan di jalur kereta api.

”Ramp Check ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan kereta api di wilayah Divre II Sumbar telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan begitu, KAI dapat memberikan pengalaman perjalanan yang selamat dan nyaman bagi seluruh penumpang selama periode Angkutan Lebaran,” kata Kahumas KAI Divre II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, dikutip Jumat (28/2/2025).

Ia menambahkan bahwa inspeksi terhadap pemenuhan SPM dilakukan di sembilan stasiun utama, yakni Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Bandara Internasional Minangkabau, Stasiun Air Tawar, Stasiun Naras, Stasiun Lubuk Alung, Stasiun Pauh Kambar, Stasiun Kurai Taji, dan Stasiun Duku.

Sementara itu, aspek keselamatan difokuskan pada titik-titik rawan seperti daerah yang berpotensi banjir, longsor, serta gangguan prasarana lainnya di lintas Lubuk Alung – Kayu Tanam dan lintas Bukit Putus – Indarung. Inspeksi juga dilakukan terhadap perlintasan sebidang yang rawan kecelakaan di lintas Padang – Naras.

"Objek pemeriksaan di stasiun meliputi informasi dan fasilitas keselamatan seperti alat pemadam api ringan (APAR), petunjuk jalur evakuasi, titik kumpul, dan nomor telepon darurat. Selain itu, fasilitas kesehatan seperti pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), kursi roda, dan tandu, serta lampu penerangan," imbuh As’ad.

Tak hanya itu, pemeriksaan juga dilakukan terhadap kamera pengintai (CCTV), petugas keamanan, ruang tunggu, toilet, musala, serta informasi pelayanan seperti denah stasiun, jadwal KA, dan peta jaringan KA.

"Hasil Ramp Check yang dilakukan oleh Tim Kementerian Perhubungan menunjukkan bahwa secara umum, layanan KAI Divre II Sumbar telah memenuhi ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 63 Tahun 2019. Capaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," tutup As’ad. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

KAI Sumbar Imbau Pelanggan KA Agar Pesan Tiket Melalui Access by KAI
KAI Sumbar Imbau Pelanggan KA Agar Pesan Tiket Melalui Access by KAI
KAI Sumbar Imbau Penumpang Tidak Mengenakan Perhiasan Mencolok Selama Perjalanan
KAI Sumbar Imbau Penumpang Tidak Mengenakan Perhiasan Mencolok Selama Perjalanan
KAI Catat Jumlah Penumpang di Wilayah Sumbar Meningkat 12 Persen
KAI Catat Jumlah Penumpang di Wilayah Sumbar Meningkat 12 Persen
KAI Sumbar Komit Tingkatkan Layanan Kesehatan Selama Masa Angkutan Lebaran
KAI Sumbar Komit Tingkatkan Layanan Kesehatan Selama Masa Angkutan Lebaran
KAI dan Jasa Raharja Sosialisasikan Asuransi Kecelakaan ke Penumpang Kereta Api
KAI dan Jasa Raharja Sosialisasikan Asuransi Kecelakaan ke Penumpang Kereta Api
Tiket Mudik KAI Sumbar Masih Tersedia, Pemesanan Lebih Efektif Lewat Aplikasi dan Kanal Resmi
Tiket Mudik KAI Sumbar Masih Tersedia, Pemesanan Lebih Efektif Lewat Aplikasi dan Kanal Resmi