Langgam.id— Perusahaan ritel pakaian global asal Jepang, UNIQLO, akan membuka toko pertamanya di Sumatera Barat pada Jumat, 31 Oktober 2025. Gerai ke-77 UNIQLO di Indonesia ini berlokasi di Basko City Mall, Padang, menempati area penjualan seluas 903 meter persegi di lantai dasar (GF).
Pembukaan toko ini merupakan bagian dari langkah ekspansi UNIQLO untuk memperluas jangkauan koleksi LifeWear—pakaian yang mengedepankan kualitas, fungsionalitas, dan desain sederhana—kepada masyarakat Ranah Minang. Kehadiran di Padang juga menjadi penanda komitmen UNIQLO dalam memperkuat kehadirannya di wilayah barat Indonesia.
Corporate PR dan Sustainability Manager UNIQLO Indonesia, Yulia Rachmawati, menjelaskan, koleksi LifeWear yang dihadirkan di Padang meliputi ragam lengkap untuk pria, wanita, anak-anak, hingga bayi.
“Seluruh koleksi LifeWear dirancang dengan mengedepankan kenyamanan dan fungsi melalui teknologi inovatif khas UNIQLO seperti AIRism, DRY-EX, HEATTECH, dan UV Protection. Ini menjadikan setiap produk nyaman digunakan di berbagai aktivitas dan kondisi cuaca tropis, khususnya di kawasan pantai barat Pulau Sumatera,” ujar Yulia, Rabu (29/10/2025).
Selain pakaian, toko ini juga menyediakan beragam aksesori, termasuk Tas Bahu UNIQLO yang digemari secara nasional berkat desainnya yang fungsional dan mudah dipadupadankan.
Berdayakan UKM dan Komitmen Inklusif
Lebih dari sekadar tempat berbelanja, UNIQLO Basko City Mall disebut menawarkan pengalaman berbelanja yang nyaman melalui tata ruang luas, terang, dan tertata rapi.
Sejalan dengan komitmen keberlanjutan, UNIQLO juga menghadirkan ruang ganti khusus bagi penyandang disabilitas yang dilengkapi fasilitas penunjang seperti bangku dan pegangan. Menariknya, material pelapis sofa dan tirai di ruang ganti tersebut dibuat dari daur ulang pakaian pelanggan yang dikumpulkan melalui program RE.UNIQLO box.
Dalam upaya mendukung perekonomian daerah, UNIQLO meluncurkan program UNIQLO Neighborhood Collaboration (#PADANGNEIGHBORHOOD). Program ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pemerintah Kota Padang dan Kementerian Tenaga Kerja.
“Kami menyediakan area khusus di dalam toko bagi enam UKM terpilih untuk menampilkan produk lokal Padang selama satu tahun ke depan. Ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ekonomi daerah dan mendukung upaya pemerintah dalam memajukan UKM lokal,” tambah Yulia.
Produk UKM yang ditampilkan mencakup kerajinan makrame, kerajinan kulit, batik, perhiasan logam, kerajinan dari bahan daur ulang, serta kerajinan dari limbah sabut kelapa.
Terkait inisiatif keberlanjutan global, Yulia menyebutkan, UNIQLO juga melanjutkan program T-shirt PEACE FOR ALL. Seluruh keuntungan dari penjualan T-shirt tersebut di Indonesia didonasikan kepada Save The Children Indonesia sebagai mitra kemanusiaan lokal.
“Sejak diluncurkan pada Juni 2022 hingga Juni 2024, total donasi yang didapatkan melalui penjualan T-shirt PEACE FOR ALL di Indonesia telah mencapai Rp4,9 miliar,” jelasnya. Dana tersebut mendukung program perlindungan anak dan pembangunan untuk perdamaian.
Penawaran Pembukaan dan Integrasi Omnichannel
Pelanggan UNIQLO LifeWear di Padang dan sekitarnya dapat menikmati penawaran istimewa selama periode pembukaan toko, mulai 31 Oktober hingga 6 November 2025. Selama tiga hari pertama, berbagai koleksi pilihan akan ditawarkan dengan harga spesial, mencakup atasan, Kemeja Flannel, Blus Rayon Lengan panjang dan Kerah Skipper, hingga AIRism Katun T-shirt Panjang Rileks. Penawaran spesial juga tersedia untuk koleksi anak dan bayi.
Sejumlah promo menarik lainnya juga dihadirkan, termasuk diskon belanja melalui UNIQLO App Welcome Coupon senilai Rp25.000, gratis F&B untuk 100 pelanggan per hari selama 31 Oktober hingga 2 November 2025, serta tumbler eksklusif untuk setiap pembelian senilai Rp500.000.
Sebagai upaya memudahkan transaksi, UNIQLO juga menghadirkan fitur Self Checkout yang praktis. Selain itu, integrasi toko fisik dan platform digital melalui sistem omnichannel memungkinkan pelanggan memesan secara daring dan mengambil di toko melalui fitur Click & Collect tanpa biaya tambahan, menukar produk di seluruh toko, dan memeriksa ketersediaan produk secara waktu nyata.







