Continuous Performance Improvement: Kemenag RI Lahirkan Inovasi Digital dalam Layanan Haji 2024

Sebagai penyenggara ibadah haji, Kementerian Agama Republik Indonesia terus berbenah setiap tahunnya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga negara yang menunaikan perjalanan spritual ke tanah suci.

Evaluasi dan monitoring yang diselenggarakan secara berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan performa layanan secara terus menerus (continuous performance improvement), baik dalam tataran strategis, maupun level operasional di lapangan.

Dalam setiap tahun peyelenggaraan terdapat berbagai laporan mengenai kedala teknis di lapangan, mulai dari jamaah tersesat, tertinggal dari rombongan, bahkan lupa dengan maktab tempat menginap. Banyak faktor yang menjadi penyebab kendala-kendala teknis di lapangan.

Masjidil Haram memiliki karakteristik tersediri, mulai dari arsitektur dan luasnya yang membuat jamaah kagum. Banyak pintu-pintu masuk menuntut para jamaah untuk menghafal pintu masuk, agar mudah untuk keluar jika setelah selesai melaksanakan ibadah.

Namun, hal ini hanya sekelumit dan sepotong kisah yang dapat diatasi oleh para petugas haji Indonesia selama bertugas di lapangan.

Tahun 2024, Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menjalin kejasama dengan lintas sektoral untuk melakukan terobosan layanan haji 2024.

Dalam hal ini melibatkan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Haji dan Umrah, dan Otoritas Data Kecerdasan Buatan Saudi (SDAIA) dengan produk Identitas Digital.

Perbaikan mutu yang dilakukan secara berkesinambungan secara menyeluruh atau dikenal dengan continuous quality improvement (CQI) dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia guna memberikan layanan terbaik bagi para jamaah yang beribadah.

Hal tersebut dirancang semenjak jamaah mulai diberangkatkan dari tanah air, hingga kembali ke tanah air usai menyelenggarakan rankaian ibadah.

Pemerintah Arab Saudi juga telah mengeluarkan kebijakan bahwa jemaah haji dengan visa resmi akan dilengkapi dengan Smart Card (Kartu Pintar) Nusuk. Kartu ini memiliki bentuk mirip dengan ID Card biasa yang dilengkapi QR Code sebagai akses masuk dan keluar Makkah bagi para jemaah.

Impelentasi pemanfaatan kartu tersebut digunakan pada beberapa lokasi penting sepanjang rangkaian ibadah seperti Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), tetapi juga memiliki peran krusial dalam proses pelayanan haji.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam layanan haji 2024 merupakan hasil rancangan dari berbagai evaluasi pelaksanaan haji yang telah diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia setiap tahunnya.

Sepanjang bertugas memonitoring pelaksanaan haji 2024, kami bersama tim turun langsung berinteraksi dengan para jamaah untuk memastikan semua layanan yang diberikan sesuai dengan standar, dan prosedur.

Evaluasi hasil temuan-temuan di lapangan segera dikoordinasikan dengan cepat, untuk dapat ditindaklanjuti oleh para petugas haji pada berbagai daerah kerja baik di Jeddah, Makkah dan Madinah.

Smart Card yang wajib digunakan oleh para jamaah haji 2024, memudahkan para petugas dalam mengawasi para jamaah haji dengan visa di luar prosedural atau jalur resmi. Disamping itu juga dapat memudahkan para jamaah untk mengetahui lokasi pelaksanaan haji.

Continuous Quality Improvement yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia patut diapresiasi, seluruh elemen terlibat untuk menetapkan, melaksanakan, evaluasi, dan pengendalian di lapangan.

Sehingga peningkatan kualitas layanan dapat dilakukan secara menyeluruh untuk memberikan pelayanan terbaik pada jamaah.

Prof Dr Hj Martin Kustati MPd, Tim Monitoring Evaluasi Haji Tahun 2024

Baca Juga

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Al-Qindy UIN Imam Bonjol Padang berhasil memperoleh perhargaan Silver dari kategori folk song The 5th
Paduan Suara Mahasiswa Al-Qindy UIN IB Padang Raih Penghargaan Silver IBCF 2025
UIN Imam Bonjol Padang berhasil meraih juara umum pada kategori Business Plan pada gelaran National Business Plan Competition 7
UIN Imam Bonjol Padang Juara Umum pada Gelaran National Business Plan Competition 7
UIN Suska Riau dan UIN Imam Bonjol Padang resmi memperbarui kerja sama antar institusi dalam upaya memperkuat kolaborasi
UIN Suska Riau dan UIN IB Padang Teken MoU Perkuat Kolaborasi di Berbagai Bidang
Satker UIN Imam Bonjol Padang meraih penghargaan terbaik kedua kategori Pengelolaan Gaji Induk Terbaik Satker Besar Semester I Tahun 2025
UIN IB Padang Raih Penghargaan Terbaik II Pengelolaan Gaji Induk dari KPPN Padang
Delegasi tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Al-Qindy Swara Biro Paduan Suara UKM Protokoler dan Pengembangan Diri (PPD) UIN Imam Bonjol Padang
Tim Paduan Suara Al-Qindy Swara UIN IB Padang Akan Ikuti IBCF 2025 di Bandung
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Prof Dr Martin Kustati MPd membuka kegiatan NGOPI (Ngobrol Pendidikan Islam) yang
Buka Kegiatan NGOPI, Rektor UIN IB: Guru Miliki Peran Strategis Sebagai Agen Moderasi