Vaksinasi Tahap II di Sumbar, 5.229 Orang Sudah Disuntik

Vaksinasi Tahap II di Sumbar, 5.229 Orang Sudah Disuntik

Salah seorang personel Polres Padang Panjang disuntik vaksin covid-19. (foto: Pemko Padang Panjang)

Langgam.id - Penyuntikan vaksin tahap II di Sumatra Barat (Sumbar) sudah mencapai 5.229 orang. Saat ini penyuntikan yang ditujukan untuk ASN, TNI, Polri, petugas pelayan publik, dan lanjut usia (lansia) itu masih berlangsung.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar Arry Yuswandi mengatakan, untuk tahap II diharapkan ada penambahan dalam waktu dekat, minimal dalam minggu ini. Pihaknya menargetkan tahap II ini bisa mencapai sekitar 400 ribuan orang.

"Dari yang ditargetkan tahap II ini sudah tercapai 5.229 orang. Dengan target kita untuk 400 ribu orang ini tentu masih kurang, ini nantinya sesuai juga nanti dengan ketersediaan vaksin," katanya di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Sasaran Masih Banyak, Gubernur Harap Vaksinasi Covid-19 di Sumbar Dipercepat

Sebelumnya, Sumbar mendapat sebanyak 99.700 dosis dari pemerintah pusat untuk vaksinasi ASN, TNI Polri dan petugas pelayan publik pada tahap II ini. Terkait tambahannya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menurutnya akan memberikan tambahan secara bertahap dalam minggu ini dan minggu depan.

"Kalau jumlahnya berapa belum ada, yang jelas informasi terakhir karena jumlah vaksin terbatas, maka yang diprioritaskan lansia, jadi dilihat sejauh mana kita memberikan vaksin kepada lansia," katanya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Nakes Tahap I di Sumbar Capai 106 Persen

Menurutnya, stok vaksin saat ini ditargetkan habis dalam waktu 2 minggu ke depan. Proses vaksinasi tahap II saat ini juga tengah berlangsung di tingkat kabupaten kota.

Sementara itu, sebelumnya pada vaksinasi tahap I telah dilakukan penyuntikan vaksin bagi tenaga kesehatan di 19 kabupaten Sumbar dengan total jumlah 34.524 orang. Jumlah tersebut melebihi dari target awal atau mencapai 106 persen.

Vaksinasi tahap I telah diselesaikan dengan target pada Maret. Sementara vaksinasi tahap II ditargetkan selesai pada April 2021. (Rahmadi/yki)

 

Baca Juga

Sumbar dan Infrastruktur: 'Baitu-baitu Juo'?
Sumbar dan Infrastruktur: 'Baitu-baitu Juo'?
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Harga cabai di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan jelang Ramadan. 
Siapkan Kebijakan Strategis, Gubernur Yakin Harga Pangan Sumbar Terkendali Saat Ramadan