Tanah Datar Juara Umum MTQ Ke-38 Sumbar

Tanah Datar Juara Umum MTQ Ke-38 Sumbar

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menerima piala bergilir dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Jumat (21/6). Dok Humas Pemkab Tanah Datar.

Langgam.id- Kabupaten Tanah Datar dinobatkan sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Kafilah Luhak Nan Tuo berhasil menggeser Kota Padang yang selalu menjuarai MTQ yang digelar setiap 2 tahun ini.

Kabupaten dengan julukan Luhak Nan Tuo ini berhasil memperoleh nilai 77. Disusul Kota Padang dengan nilai 65, Kota Pariaman 60, Kabupaten Padang Pariaman 57 dan Kota Solok nilainya 44.

"Alhamdulillah. Ini pencapaian yang bersejarah. Ini prestasi masyarakat Tanah Datar di kampung halaman dan di perantauan," ujar Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.

Irdinansyah menerima piala bergilir juara umum MTQ Sumbar langsung dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, yang sekaligus menutup rangkaian MTQ di Lapangan Merdeka Kota Solok, Jumat siang (21/6).

Irdinansyah mengatakan, prestasi ini merupakan bukti komitmen bersama dan sesuai visi pemerintah daerah, yakni terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang madani, berbudaya, dan sejahtera dalam nilai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Awalnya, kata dia, Pemkab Tanah Datar hanya menargetkan untuk kembali ke peringkat ke-2 setelah terperosot ke peringkat ke-4 pada MTQ ke-37 di Kota Pariaman.

“Ini hasil yang luar biasa, karena di luar dugaan. Awalnya kita hanya menargetkan untuk perbaikan peringkat, tapi ternyata kita bisa mengalahkan Kota Padang dan berhak menjadi juara umum," ujarnya.

Ia mengatakan, prestasi ini juga buah dari program keagamaan seperti magrib mengaji, rumah tahfizh hingga peningkatan kesejahteraan pada pelaku keagamaan.

Irdinansyah mengapresiasi semua kafilah, ofisial, pelatih maupun tenaga pendukung lainnya. Mereka telah bekerja keras untuk Kabupaten Tanah Datar.

“Sehingga marwah Luhak Nan Tuo terbang tinggi di ajang dua tahunan ini. Ke depan mari tetap kita jaga dan tingkatkan apa yang telah kita peroleh ini, namun tentunya aplikasi dan pengamalan kandungan Al Qur’an dalam kehidupan juga terus kita tingkatkan,” ujar Ketua ILUNI IAIN Imam Bonjol Padang ini.

Ketua Kontingen Kabupaten Tanah Datar Afrizon mengatakan prestasi di MTQ ini merupakan perolehan bersejarah bagi Luhak Nan Tuo. Keberhasilan ini anugerah dan prestasi yang sangat membanggakan.

Kata dia, kafilah Tanah Datar berhasil menyabet emas di sembilan cabang yang diperlombakan di MTQ ini. Di antara cabang yang dimenangkan, adakah Tafsir, Hifzil, Tartil Quran, Tilawah, dan Khattil Quraan. (Rahmadi)

Baca Juga

Dony Oskaria, Putra Tanah Datar Kandidat Wakil Menteri BUMN
Dony Oskaria, Putra Tanah Datar Kandidat Wakil Menteri BUMN
Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Padang Panjang berhasil menangkap dua tersangka pencurian rel kereta api Ombilin
Polres Padang Panjang Tangkap 2 Tersangka Pencurian Rel Kereta Api di Ombilin
Jalan lintas Padang-Bukittinggi sudah bisa dilalui pasca kecelakaan beruntun di Jalan Raya Jorong Koto Tuo, Nagari Panyalaian,
Jalan Padang-Bukittinggi Sudah Bisa Dilalui Pasca Kecelakaan Beruntun di Panyalaian
Jalan penghubung vital antara Nagari Tanjuang Barulak dengan tiga jorong di Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, kini
Jalan Penghubung Tiga Jorong di Batipuh Rusak Parah, Ekonomi Warga Terhambat
Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di Jorong Koto Tuo, Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, pada Selasa (8/10/2024) sekitar pukul
Kecelakaan Truk di Panyalaian, Akses Jalan Bukittinggi-Padang Putus Total
Pemkab Tanah Datar bekerja sama dengan provider, saat ini sedang membangun tiga tower Base Transceiver Station (BTS) di bawah
Kurangi Blank Spot, Tiga Tower BTS Dibangun di Tanah Datar