Sejak April, Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumbar Nihil

Sejak April, Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumbar Nihil

Surfing, salah satu daya tarik wisatawan datang ke Mentawai. Foto ilustrasi. (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat mencatat selama pandemi Covid-19 tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) turun signifikan menyusul kebijakan pembatasan dan larangan terbang oleh sejumlah negara.

Kepala BPS Sumbar Pitono mengatakan sejak April sudah tidak ada wisman yang masuk ke Sumbar melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) maupun Pelabuhan Teluk Bayur.

"Terhitung April sampai Agustus kunjungan wisman nol, karena memang kebijakan larangan terbang untuk memutus penyebaran Covid-19," katanya, Kamis (1/10/2020).

Ia memperkirakan sampai akhir tahun ini tidak ada penambahan kunjungan wisman ke Sumbar mengingat angka positif Covid-19 masih tinggi, sehingga pengetatan masih akan terus dilakukan.

Secara umum sepanjang tahun ini (Januari - Agustus) praktis wisman yang datang ke Sumbar hanya ada pada tiga bulan pertama yakni Januari sebanyak 4.341 orang, Februari sebanyak 4.038 orang, dan Maret sebanyak 2.495 orang.

Total wisman yang masuk ke Sumbar sebanyak 10.874 orang atau turun hingga 73,63 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 41.240 wisman.

Meski begitu, Ketua Asosiasi Kapal Selancar Sumatra Barat (AKSSB) Aim Zein mengajak pemerintah daerah dan pelaku wisata menjadikan momentum Covid-19 untuk meningkatkan kualitas layanan, promosi dan infrastruktur pendukung pariwisata Sumbar.

"Momen (Covid-19) ini perlu dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas pelayanan, destinasi wisata, dan meningkatkan promosi wisata Sumbar. Sehingga, ketika wabah selesai pariwisata kita sudah siap," katanya.

Untuk wisata selancar, ia memperkirakan hanya sekitar 100 wisman yang datang ke Sumbar sampai akhir tahun ini menikmati ombak di Kepulauan Mentawai.

“Perkiraan kami hanya sekitar 100 orang. Itu pun wisman yang stay (terjebak), karena tidak bisa pulang ke negaranya,” kata Aim.

Padahal tahun lalu, jumlah wisman untuk wisata minat khusus tersebut yang datang ke Mentawai mencapai 8.000 orang. (*/HFS)

Baca Juga

Pameran Foto dan Seni Rupa Di Bawah Kuasa Naga, Sebuah Kritikan pada Kebijakan Pariwisata
Pameran Foto dan Seni Rupa Di Bawah Kuasa Naga, Sebuah Kritikan pada Kebijakan Pariwisata
Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka event Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Jumat (12/4/2024).
Sumarak Labuah Babudayo Jadi Pembuka Progul Satu Nagari Satu Event Tanah Datar 2024
Nilai ekspor yang berasal dari Sumatra Barat (Sumbar) pada Februari 2024 sebesar US$159,43 juta. Terjadi kenaikan sebesar 19,16 persen
Ekspor Sumatra Barat pada Februari 2024 Naik 19,16 Persen
Jumlah wisatawan mancanegara yang tercatat datang ke Sumatra Barat (Sumbar) melaluipintu masuk Bandara Internasional Minangkabau pada Februari
Jumlah Wisman ke Sumbar di Februari 2024 Naik, Turis Brunei Alami Peningkatan Tertinggi
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Pemko Revitalisasi Pedestrian Pantai Padang Sambut Pemudik Lebaran
Pemko Revitalisasi Pedestrian Pantai Padang Sambut Pemudik Lebaran