Banjir 1,5 Meter di Jondul Padang Mulai Surut, Warga Sibuk Bersihkan Rumah

Banjir 1,5 Meter di Jondul Padang Mulai Surut, Warga Sibuk Bersihkan Rumah

Banjir di Jondul, Padang. (Yesi Natalia/langgam.id)

Langgam.id - Berberapa lokasi di Kota Padang terendam banjir akibat hujan deras semalaman. Beberapa wilayah terendam banjir Jondul Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

"Hujan dari jam 18.00 WIB. Sekitar pukul 02.00 WIB air naik masuk ke rumah. Saya ngungsi ke rumah tetangga sebelah," ungkap Anto, salah seorang warga Jondul, Kamis (10/9/2020).

Anto mengungkapkan ketinggian air dirumahnya sempat mencapai 1,5 meter. Pada Kamis pagi sekitar pukul 08.30 WIB banjir mulai perlahan surut. Berdasarkan pantauan langgam.id, beberapa rumah di Jondul masih digenangi air serta jalanan di sekitar daerah joundul dipenuhi lumpur sisa banjir.

Baca juga: Curhat Warga Padang Rasakan Banjir Lagi Setelah 4 Tahun

Tidak hanya Anto, warga RT 03 RW 04 Jondul Rawang Fitriani (38) menjelaskan banjir kali ini cukup parah dari banjir sebelumnya. Ia mengaku kursi, tempat tidur, kulkas, dan barang-barang elektroniknya rusak akibat terendam banjir

"Semuanya kena, lemari, kulkas saya tagolek (roboh), tempat tidur basah, barang-barang basah semuanya. Tidak ada saya tidur, duduk aja kami di dekat kamar mandi. Buku anak saya basah semuanya," ungkap Fitriani.

Sementara itu Ketua RT 03 RW 04 Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Sawir, mengatakan banjir di daerah ini memang sudah sering terjadi. Salah satu penyebabnya yaitu saluran drainase di wilayahnya tidak cukup menampung debit air.

"Kalau sudah naik pasang anak bulan terus hujan lebat, air itu tidak mau turun, bertahan saja. Kemudian, daya tampung air yang kurang, hanya dua (drainase) saja," ungkapnya.

Selian warga, Pihak Pemadam Kebakaran Padang Selatan terpantau ikut membersihkan jalanan yang dipenuhi lumpur. Upaya pembersihan jalan tersebut dimulai sejak pukul 14.00 WIB.

"Iya, kami damkar membantu warga membersihkan jalanan sejak jam dua siang dan akan kami teruskan semampunya," jelas Sofyan, Ketua Dampos Padang Selatan kepada wartawan langgam.id. (Yesi/Natasya/ABW)

Tag:

Baca Juga

Konferensi Kebebasan Pers AJI: Intimidasi Jurnalis Peliput Isu Lingkungan Masif
Konferensi Kebebasan Pers AJI: Intimidasi Jurnalis Peliput Isu Lingkungan Masif
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dan yang datang dari Bandara Internasional Minangkabau
BPS: Jumlah Penumpang Pesawat Berangkat dan Datang dari BIM Periode Maret Turun
BPS mencatat, nilai ekspor yang berasal dari Sumatra Barat pada Maret 2024 sebesar US$170,11 juta. Hal ini terjadi kenaikan sebesar 6,70
Maret 2024, Nilai Ekspor Sumbar Naik dan Impor Turun
Pemko Padang Beri Penghargaan Insan Pendidikan
Pemko Padang Beri Penghargaan Insan Pendidikan
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
Kemenag: 195.917 Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit
Peringati Hardiknas, SMK Semen Padang Terima Bantuan Perawatan dan Perbaikan Komputer
Peringati Hardiknas, SMK Semen Padang Terima Bantuan Perawatan dan Perbaikan Komputer