Sebut 3 Syarat, Dinkes: Dharmasraya Penuhi Banyak Kriteria untuk Zona Hijau

Dinkes Dharmasraya

Kadis Kesehatan Dharmasraya dr. Rahmadian. (Foto: Humas Pemkab Dharmasraya)

Langgam.id - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya dr Rahmadian S mengatakan, daerah itu sudah memenuhi banyak kriteria menuju "zona hijau" Covid-19. Kriteria yang jadi ukuran antara lain penambahan kasus covid19, angka sembuh dan hasil sampel pooltest.

Ia mengatakan, telah lebih 28 hari tak ada penambahan kasus covid19 di Dharmasraya. "Kasus sembuh pasien Covid-19 di atas 80% yaitu 90,9%, dan hasil sampel pooltest tercapai 100 persen dengan hasil negatif," katanya, sebagaimana dirilis Humas Pemkab Dharmasraya, Jumat (10/7/2020).

Sampai Jumat, menurutnya, total swab di Dharmasraya telah diambil dari 1.849 orang. Setelah dites PCR, positif 22 orang dan 20 orang di antaranya sudah sembuh. Kegiatan pooltest 1.451 orang (100 persen) di 52 nagari  dan hasilnya negatif. "Dharmasraya sudah banyak memiliki syarat kriteria untu zona hijau," tutur Juru bicara Penanganan Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya itu.

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan juga melakukan swabtest serentak dengan 14 Puskesmas dan Labkesda untuk Petugas PPK, PPDP untuk persiapan Pilkada aman covid-19 dan juga beberapa ODP. "Dharmasraya berkomitmen untuk selalu melakukan swabtest pada setiap pelaku perjalanan dari daerah terjangkit dan ODP," ujarnya.

Dengan telah diterapkannya new normal, menurut Rahmadian, Dharmasraya berharap masyarakat terbiasa dengan tatanan hidup baru. Yaitu, harus sesuai protokol kesehatan, gunakan masker saat bertemu dan keluar rumah, jaga jarak aman, dan cuci tangan menggunakan air mengalir serta membawa handsanitizer di saat bepergian. (*/SS)

Baca Juga

Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan
Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Terbaik di Sumbar, Nomor 9 di Indonesia
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Stok gula pasir di Bulog Sumbar kosong, sementara stok beras capai 7.000 ton.
Bulog Gelar Bazar 2 Hari Disela HUT Dharmasraya