Tak Ingin Ada Klaster Pilkada Covid-19, KPU Sumbar Tiadakan Kampanye di Lapangan Terbuka

kampanye terbuka Pilkada Sumbar

Ilustrasi - massa. (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) tidak ingin pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Karena itu, proses pilkada hingga Desember 2020 nanti, akan disesuaikan dengan protokol kesehatan. Salah satunya, tak ada kampanye di lapangan terbuka.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan, kegiatan kampanye akan mengumpulkan orang dan mengakibatkan keramaian. Sehingga bisa menimbulkan klaster penyebaran covid-19 yang baru.

"Tentu kita menyesuaikan dengan kondisi pandemi dengan protokol  Covid-19. Salah satunya, tidak mungkin lagi berkumpul dan berkelompok," katanya di Padang, Kamis (11/6/2020).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 tentang apa saja yang boleh dilakukan dan apa saja yang tidak boleh selama pandemi. Namun penjelasan dan peraturan yang mengatur soal itu belum turun secara resmi.

Bahkan tidak hanya kampanye, kemungkinan debat juga akan dikonsep menyesuaikan kondisi pandemi. Sebab kegiatan tersebut juga mengumpulkan orang banyak.

"Ketentuan resminya belum turun. Tapi kali ini kan Pilkada dengan protokol kesehatan, kampanye berpotensi menjadi klaster baru," katanya.

Selain itu, walaupun diadakan kampanye Pilkada terbuka saat ini kemungkinan besar masyarakat juga tidak akan mau datang karena waspada covid-19.

Salah satu solusi ditiadakan kampanye terbuka, kampanye bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi komunikasi salah satunyaa dengan media sosial. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Langgam.id - Dua pasien Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgAPA) masih dirawat di RSUP M Djamil Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Wagub Sumbar Curhat ke Moeldoko Soal Peran RSUP M Djamil Saat Pandemi Covid-19
Langgam.id - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumbar terus gencarkan program Vaksinasi Covid-19 demi kekebalan kelompok masyarakat.
BIN Daerah Sumbar Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19, Kali Ini Sasar Pusat Perbelanjaan di Padang
Langgam.id - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumbar kembali menggelar akselerasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Solok.
BIN Daerah Sumbar Gelar Akselerasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Solok
Langgam.id - Kemenag RI mengimbau agar para jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci agar berhati-hati terhadap Virus Corona (Covid-19).
Cegah Terpapar Covid-19, Kemenag Imbau Jemaah Haji Agar Tetap Hati-hati
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kasus baru covid-19 di Kota Padang hanya bertambah 1 orang saja.
Hari Ini Hanya Ada Tambahan 1 Kasus Baru Covid-19 di Padang
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kasus positif Covid-19 di Sumbar kembali bertambah 717 orang, tersebar di seluruh daerah.
Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 717 Orang Lagi