Langgam.id – Komitmen PT Semen Padang, anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, dalam membantu penanganan pascabencana banjir bandang di Kecamatan Pauh, Kota Padang, mendapat apresiasi dari pemerintah dan masyarakat.
Perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu hadir sejak hari pertama bencana terjadi dengan mengerahkan relawan, bantuan logistik, serta alat berat untuk mempercepat pemulihan di kawasan terdampak.
Camat Pauh, Titin Masfetrin, mengatakan PT Semen Padang menjadi salah satu pihak yang paling cepat merespons bencana banjir bandang tersebut. Selain menyalurkan bantuan sembako, perusahaan itu juga langsung mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) ke sejumlah titik kritis.
“Ketika bencana terjadi, TRC Semen Padang langsung turun ke Batu Busuk membantu penanganan cepat. Selain itu, perusahaan juga mengerahkan alat berat untuk membersihkan material banjir,” ujarnya.
Atas nama Pemerintah Kecamatan Pauh dan masyarakat, Titin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas dukungan PT Semen Padang.
Tokoh masyarakat Pauh, Dasman, juga menyebut bantuan perusahaan sangat dirasakan masyarakat di berbagai lokasi terdampak. “Mulai dari Pasar Baru, Simpang Pasir, Batu Busuk, hingga Binuang, semuanya merasakan bantuan PT Semen Padang,” katanya.
Menurut dia, perusahaan tidak hanya menyalurkan bantuan, tetapi juga terlibat langsung dalam pembersihan lumpur dan fasilitas umum. “Di antaranya masjid, musala, SMA 9 Padang, hingga Puskesmas Pauh,” ujarnya.
Salah satu lokasi yang mendapat perhatian besar adalah Masjid Istiqlal Binuang. Masjid itu sempat dipenuhi lumpur setinggi betis sehingga tidak bisa digunakan untuk salat.
“Relawan TRC Semen Padang membersihkan masjid hingga tuntas. Hanya dalam dua hari, masjid kembali dapat digunakan untuk salat berjemaah. Atas nama masyarakat, saya mengucapkan terima kasih,” ujar mantan anggota DPRD Kota Padang dua periode itu.
Batu Busuk ‘Seperti Anak Kanduang’ bagi PT Semen Padang
Kontribusi PT Semen Padang juga sangat dirasakan warga Batu Busuk. Ketua RW 03 Kelurahan Lambung Bukik, Anwar Z, mengatakan bantuan perusahaan kepada warga di kawasan itu sudah tidak terhitung jumlahnya.
“Bantuan PT Semen Padang sangat banyak. Kalau dihitung mungkin sudah tak terhitung lagi. Warga Batu Busuk sudah seperti ‘anak kanduang’ bagi PT Semen Padang,” ujarnya.
Ia menambahkan, perhatian perusahaan tidak hanya terlihat saat bencana. Jauh sebelumnya, PT Semen Padang telah menunjukkan kepedulian melalui dukungan pendidikan di SD Bustanul Ulum yang diperuntukkan bagi anak-anak Batu Busuk.
“Biaya pendidikan ditanggung penuh. Saat awal masuk sekolah, kebutuhan siswa seperti pakaian, sepatu, dan buku juga diberikan secara cuma-cuma. Ini sangat membantu keluarga di kawasan ini,” kata Anwar.
Sekretaris Perusahaan PT Semen Padang, Win Bernadino, mengatakan bencana yang melanda Pauh dan beberapa wilayah di Padang merupakan duka bersama. “Kami turut prihatin atas dampak bencana yang terjadi,” ujarnya.
Melalui program Semen Padang Peduli, perusahaan berupaya membantu pemerintah daerah dalam penanganan bencana dan telah hadir sejak hari pertama.
“Saat bencana terjadi, perusahaan menyediakan makan siang dan makan malam bagi warga Lambung Bukit yang sangat membutuhkan dukungan pangan. Relawan TRC juga dikerahkan untuk mengevakuasi korban,” katanya.
Sehari setelah bencana, PT Semen Padang kembali turun ke lokasi dengan menyalurkan paket sembako, terutama ke daerah yang aksesnya sempat terisolasi.
Selain bantuan logistik, perusahaan juga mengerahkan tiga unit alat berat untuk membersihkan material lumpur di sejumlah titik terdampak. Fokus utama pembersihan berada di sepanjang Jalan Raya Mohammad Hatta, jalur vital yang menghubungkan Simpang Pasar Baru dan Simpang Pasir.
Penumpukan lumpur dan material kayu sempat menghambat mobilitas warga. Dukungan alat berat membantu mempercepat pemulihan akses sehingga proses evakuasi dan distribusi bantuan dapat berjalan lancar.
Alat berat juga dikerahkan untuk normalisasi Sungai Batang Kuranji dan pembuatan tanggul darurat di kawasan Gunung Nago, Simpang Pasia, hingga Batu Busuk.
“Upaya normalisasi dan pembangunan tanggul penting untuk mengurangi risiko banjir susulan dan menjaga keselamatan warga,” ujar Win.
Puluhan relawan TRC Semen Padang turut dikerahkan membersihkan fasilitas umum terdampak lumpur, mulai dari masjid, musala, sekolah, hingga fasilitas kesehatan.
Di tempat terpisah, Koordinator Posko Semen Padang Peduli Siaga Bencana, Ferdy Dinardo, mengatakan alat berat PT Semen Padang masih bekerja di sejumlah titik.
“Sebelumnya excavator kami tempatkan di Sungai Batang Kuranji untuk normalisasi dan pembangunan tanggul. Setelah rampung, alat berat langsung digeser ke Batu Busuk untuk tugas serupa,” ujarnya.
Komitmen Berkelanjutan untuk Masyarakat
Melalui berbagai bentuk bantuan tersebut, PT Semen Padang menunjukkan komitmen berkelanjutan dalam menjalankan peran sosial perusahaan. Respons cepat, dukungan logistik, pengerahan relawan, hingga penyediaan alat berat menjadi bukti nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat terdampak banjir bandang di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang.
Bagi pemerintah dan masyarakat Pauh, kehadiran PT Semen Padang bukan hanya berupa bantuan, tetapi juga sebagai mitra yang selalu siap hadir ketika dibutuhkan.
Melalui rangkaian aksi cepat tanggap bencana tersebut, PT Semen Padang tidak hanya menunjukkan komitmen sosial kepada masyarakat sekitar, tetapi juga menjalankan peran strategis yang selaras dengan Asta Cita Presiden RI—khususnya poin peningkatan kualitas lingkungan hidup dan resiliensi bencana, serta percepatan penguatan infrastruktur dasar yang aman dan tangguh. Upaya perusahaan dalam normalisasi sungai, pembersihan fasilitas umum, hingga penyediaan alat berat menjadi bagian dari kontribusi konkret untuk mendukung ketahanan daerah dan keberlanjutan pembangunan nasional.






