Triwulan II/2025: KAI Sumbar Layani Hampir 1,5 Juta Penumpang

Triwulan II/2025: KAI Sumbar Layani Hampir 1,5 Juta Penumpang

Dok. KAI Sumbar

Langgam.id - Sepanjang periode Januari hingga September 2025 (Triwulan III), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat telah melayani hampir 1,5 juta penumpang. Tepatnya, sebanyak 1.493.402 penumpang. Angka ini meningkat 11,3 persen dibanding periode yang sama pada 2024 dengan total 1.341.526 penumpang.

Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab menjelaskan peningkatan volume penumpang ini didorong oleh penambahan frekuensi perjalanan, peningkatan kapasitas tempat duduk, serta tingginya minat masyarakat dalam menggunakan moda transportasi kereta api.

Pertumbuhan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api terus meningkat. Masyarakat kini semakin menyadari bahwa kereta api merupakan solusi transportasi publik yang efisien dan ramah lingkungan,” ujar Reza.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya, seraya menegaskan komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan.

Reza menambahkan, 5 stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi pada periode tersebut adalah Stasiun Padang dengan 392.848 penumpang, Stasiun Pariaman 303.899 penumpang, Stasiun Air tawar 139.036 penumpang, Stasiun Naras 88.553 penumpang, Stasiun BIM 83.705 penumpang.

Kemudian, 5 stasiun kedatangan dengan volume penumpang tertinggi yaitu Stasiun Padang dengan 411.260 penumpang, Stasiun Pariaman 316.580 penumpang, Stasiun Air tawar 121.028 penumpang, Stasiun Naras 98.952 penumpang dan Stasiun BIM 80.859 penumpang

Dari sisi on Time Performace (OTP) ketepatan waktu, KAI Divre II Sumbar berhasil mencatatkan performa yang membanggakan. Tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta penumpang selama Triwulan III 2025 mencapai 99,58% persen, naik dari 99,34% persen pada periode yang sama tahun lalu. Sementara untuk tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta penumpang Triwulan III Tahun 2025 di angka 99,27 persen.

Kinerja ini didukung oleh peningkatan mutu operasional secara menyeluruh, termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu menjadi salah satu keunggulan utama transportasi kereta api yang bebas hambatan lalu lintas.

KAI Divre II Sumbar mengimbau kepada calon penumpang untuk tetap merencanakan perjalanan dan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI.

Pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan sehingga calon pelanggan yang memiliki rencana menggunakan KA dapat jauh-jauh hari membeli tiket tanpa takut kehabisan.

KAI juga masih menyediakan layanan loket go-show di stasiun untuk penjualan tiket yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA selama tiket masih tersedia.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan di seluruh aspek, baik di stasiun maupun di atas kereta. Keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu akan selalu menjadi prioritas kami demi mewujudkan transportasi massal yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup Reza.

Tag:

Baca Juga

KAI Sumbar Ingatkan Masyarakat Waspadai Penipuan Berkedok Rekrutmen
KAI Sumbar Ingatkan Masyarakat Waspadai Penipuan Berkedok Rekrutmen
Jelang HUT ke-80, KAI Sumbar Gelar Aksi Donor Darah, Pemeriksaan Mata dan Mini MCU Gratis
Jelang HUT ke-80, KAI Sumbar Gelar Aksi Donor Darah, Pemeriksaan Mata dan Mini MCU Gratis
KAI Divre II Sumbar Lakukan Mitigasi Intensif Hadapi Musim Hujan
KAI Divre II Sumbar Lakukan Mitigasi Intensif Hadapi Musim Hujan
KAI Divre Sumbar Pastikan Keandalan Sarana Perkeretaapian Lewat Perawatan Berkala
KAI Divre Sumbar Pastikan Keandalan Sarana Perkeretaapian Lewat Perawatan Berkala
Libur Panjang Maulid Nabi, KAI Sumbar Catat Penjualan Tiket KA Pariaman Ekspres Tembus 112 Persen
Libur Panjang Maulid Nabi, KAI Sumbar Catat Penjualan Tiket KA Pariaman Ekspres Tembus 112 Persen
Hari Pelanggan Nasional, KAI Sumbar Bagikan Souvenir ke Penumpang Setia
Hari Pelanggan Nasional, KAI Sumbar Bagikan Souvenir ke Penumpang Setia