Waspadai Penipuan Online, Bank Nagari Ingatkan Nasabah Lebih Cermat Bertransaksi

Waspadai Penipuan Online, Bank Nagari Ingatkan Nasabah Lebih Cermat Bertransaksi

Kantor pusat Bank Nagari. (Foto: dok humas Bank Nagari)

Langgam.id— Dalam upaya meningkatkan perlindungan terhadap nasabah dari ancaman penipuan digital yang kian marak terjadi di masyarakat, seperti penipuan terhadap klik link pengkinian data yang mengatasnamakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan motif melakukan transfer, Bank Nagari mengeluarkan imbauan penting terkait keamanan dalam bertransaksi secara elektronik.

Hal ini disampaikan oleh Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Nagari, Tasman, didampingi oleh Kepala Humas Bank Nagari, Yudi Silvestra, kepada media pada Kamis (15/5/2025).

“Demi menjaga keamanan dalam bertransaksi, kami mengimbau nasabah untuk selalu mengikuti tips keamanan perbankan. Ini sangat penting sebagai bentuk antisipasi terhadap modus-modus kejahatan digital yang terus berkembang,” ujar Tasman.

Sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Bank tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan akibat kelalaian dari pihak nasabah.

Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian nasabah dalam menjaga kerahasiaan data pribadi dan tidak sembarangan memberikan informasi kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ia juga menyampaikan bahwa dalam kasus-kasus sebelumnya, banyak nasabah menjadi korban karena kurang waspada terhadap tautan palsu yang disebarkan melalui pesan instan seperti WhatsApp, email, atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

“Kami terus mengingatkan agar nasabah hanya mengunduh aplikasi resmi dari Playstore dan Appstore, serta membuka tautan resmi milik Bank Nagari saja,” tambahnya.

Yudi Silvestra menambahkan bahwa edukasi digital menjadi bagian penting dari pelayanan publik yang diusung Bank Nagari.

“Kami terus melakukan kampanye digital safety, baik melalui media sosial, penyuluhan langsung, maupun kanal informasi lainnya agar masyarakat semakin melek digital dan tidak menjadi korban penipuan,” ucap Yudi.

Lebih lanjut, Bank Nagari merinci sejumlah tips penting yang wajib diperhatikan oleh nasabah untuk menghindari kejahatan digital, yaitu hanya mengunduh aplikasi melalui Playstore atau Appstore, serta mengakses tautan resmi Bank Nagari.

Kemudian waspada terhadap link palsu dan file aplikasi (apk) yang mencurigakan yang dikirim melalui WhatsApp, email, dan aplikasi lainnya, memastikan alamat web transaksi keuangan adalah web resmi Bank Nagari.

Tidak menyimpan user ID dan password di browser saat melakukan transaksi keuangan, tidak memberikan informasi pribadi, seperti PIN, OTP, username, dan password kepada siapa pun.

Lalu, membersihkan data dan cache pada perangkat secara berkala dan menginstal aplikasi antivirus terbaru di perangkat yang digunakan untuk transaksi perbankan.

Tasman menekankan pentingnya peran aktif nasabah dalam menjaga keamanan transaksi. “Lindungi keuangan dengan kehati-hatian dalam setiap transaksi. Jika menemukan hal mencurigakan atau membutuhkan bantuan, segera hubungi Nagari Call di 150234,” pungkasnya. (*/f)

Baca Juga

Bank Nagari Serahkan Mobil Tangki Air, Perkuat Pasokan Air Bersih di Kota Padang
Bank Nagari Serahkan Mobil Tangki Air, Perkuat Pasokan Air Bersih di Kota Padang
Mubes Organisasi Minang se Kepri, Gubernur Sumbar Ajak Perantau jadi Nasabah Bank Nagari
Mubes Organisasi Minang se Kepri, Gubernur Sumbar Ajak Perantau jadi Nasabah Bank Nagari
Bank Nagari Dampingi Pelepasan Jemaah Haji Agam, Ajak Masyarakat Segera Daftar
Bank Nagari Dampingi Pelepasan Jemaah Haji Agam, Ajak Masyarakat Segera Daftar
Layanan Kesehatan, Bank Nagari Jalin Kerjasama dengan Hermina Group
Layanan Kesehatan, Bank Nagari Jalin Kerjasama dengan Hermina Group
Bank Nagari Cabang Mentawai Gelar Program Nagari Mekah
Bank Nagari Cabang Mentawai Gelar Program Nagari Mekah
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Rayakan Hardiknas, Bank Nagari Beri Cashback Pinjaman untuk Guru dan ASN