Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi SP4N-LAPOR!

InfoLanggam - Pemko Payakumbuh terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Pengaduan dan SP4N-LAPOR! di Aula Randang, Kamis (17/4/2025).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Elzadaswarman. Pada kesempatan itu hadir narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Winnie Anggraini serta seluruh kepala OPD se-Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Wawako Payakumbuh Elzadaswarman menegaskan pentingnya pengelolaan pengaduan sebagai instrumen utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Pengelolaan pengaduan bukan sekedar kewajiban administratif, tetapi merupakan komitmen moral dan profesional kita dalam memberikan layanan publik yang berkualitas dan berorientasi pada kepuasan masyarakat,” bebernya.

Selain itu, ia menegaskan bahwa setiap laporan masyarakat merupakan pintu masuk untuk perbaikan sistem dan peningkatan kinerja pemerintah daerah.

“Ini menjadi alarm bagi kita semua. Pengelolaan pengaduan harus menjadi budaya kerja harian yang terintegrasi dan terdokumentasi dengan baik di setiap OPD,” bebernya.

Tak hanya itu, ia mendorong Dinas Kominfo sebagai pejabat pengelola pengaduan untuk berkoordinasi dengan pejabat penghubung, menunjuk petugas layanan aduan, serta memastikan proses verifikasi dan distribusi laporan berjalan cepat dan tepat.

Kemudian, Inspektorat sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) untuk menindaklanjuti pengaduan berkadar pengawasan, melakukan pengawasan internal, serta memonitor pelaksanaan SP4N-LAPOR.

Selanjutnya, Bagian Organisasi Memastikan unit kerja OPD agar dapat terhubung (memiliki akun) dengan LAPOR! Memastikan setiap unit kerja memiliki SDM Kompeten dalam mengelola LAPOR!.

“Kami berharap pengaduan masyarakat dituntaskan sampai ke akar-akarnya. Demi Payakumbuh yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam paparannya, Winnie Anggraeni menyampaikan urgensi pengelolaan pengaduan sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak masyarakat serta instrumen evaluasi layanan publik.

“Setiap instansi di wajibkan memanfaatkn aplikasi LAPOR didalam pengelolaan pengaduan pelayananan publik,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa SP4N-LAPOR! adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang terintegrasi secara berjenjang.

Selain itu,Perlunya memastikan setiap laporan masyarakat diterima dan ditindaklanjuti oleh penyelenggara pelayanan publik yang berwewenang.

“Kolaborasi leading sector antara Bagian Organisasi, Dinas Kominfo, dan Inspektorat sangat penting dalam mendukung pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui SP4N LAPOR! di pemerintah daerah,” sebutnya. (*)

Baca Juga

Seleksi terbuka Direktur Perumda Air Minum Tirta Sago (PAMtigo) Kota Payakumbuh periode 2025–2030 sudah memasuki tiga besar dan
Pansel Pastikan Seleksi Direktur PAMtigo Payakumbuh Transparan dan Sesuai Aturan
Wawako Elzadaswarman Tutup Ajang Liga Junior Payakumbuh U-13 dan U-15
Wawako Elzadaswarman Tutup Ajang Liga Junior Payakumbuh U-13 dan U-15
Sebanyak 14 pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemko Payakumbuh dikukuhkan dan dilantik oleh Wali Kota Zulmaeta
Wako Payakumbuh Lantik 14 Pejabat Baru, Dorong Inovasi dan Tingkatkan Kinerja
Wako Zulmaeta Audiensi dengan DPD LPM se Kota Payakumbuh
Wako Zulmaeta Audiensi dengan DPD LPM se Kota Payakumbuh
Sampaikan Rancangan APBD 2026, Pemko Payakumbuh Targetkan Pendapatan Rp647 Miliar
Sampaikan Rancangan APBD 2026, Pemko Payakumbuh Targetkan Pendapatan Rp647 Miliar
Pawai Alegoris di Kota Payakumbuh Ramai, Warga Tumpah Ruah ke Jalan
Pawai Alegoris di Kota Payakumbuh Ramai, Warga Tumpah Ruah ke Jalan