Kebakaran di Bungus Selatan, Satu Rumah Hangus Terbakar, Sembilan Orang Mengungsi

Kebakaran terjadi di kawasan pemukiman padat di Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sabtu (26/10/2024)

Kebakaran sebuah rumah di Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sabtu (26/10/2024) dini hari. [foto: Damkar Padang]

Langgam.id - Kebakaran terjadi di kawasan pemukiman padat di Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sabtu (26/10/2024). Kebakaran yang melanda satu unit rumah tersebut menyebabkan sembilan orang penghuni mengungsi.

Berdasarkan laporan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, api mulai terlihat sekitar pukul 03.11 WIB, saat seorang saksi mata, Hendro Damuci, melihat kobaran api dan asap dari rumah yang terbakar.

"Petugas pemadam menerima laporan pada pukul 03.11 WIB, dan segera mengerahkan lima unit pemadam menuju lokasi pada pukul 03.13 WIB. Tim tiba di lokasi pada pukul 03.17 WIB dan berhasil memadamkan api sekitar pukul 04.20 WIB," kata Rinaldi, Kepala Bidang Operasi dan Sarana Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang.

Dalam peristiwa ini, Dinas Pemadam Kebakaran mengerahkan 40 personel untuk mengendalikan api di tengah akses jalan yang sempit dan kepadatan permukiman.

Rumah tersebut diketahui milik Desi Hendrizal (50), warga setempat yang tinggal bersama tiga kepala keluarga dengan total sembilan orang penghuni. Meskipun tidak ada korban luka maupun jiwa, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp1 miliar.

Selain itu, sekitar 20 bangunan lain di sekitar lokasi kebakaran hampir terdampak, namun berhasil diselamatkan dengan nilai perkiraan aset sebesar Rp2 miliar.

"Api diperkirakan merusak bangunan seluas 4 x 13 meter persegi, sementara area yang hampir terdampak mencakup 35 x 30 meter persegi," ujar Rinaldi.

Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwenang. Petugas pemadam kebakaran bekerja sama dengan pihak kepolisian dan PLN untuk memastikan kondisi di sekitar lokasi aman dan aliran listrik di kawasan terdampak segera dipulihkan. (*/yki)

Baca Juga

Turnamen Piala Wali Kota Padang Electronic Sport (E-Sport) Series Padang resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar
Buka Turnamen E-Sport, Pj Wako Padang: Sebagai Langkah Cegah Kenakalan Remaja
Tradisi Cheng Beng Masuk dalam Kalender Pariwisata Padang 2025
Tradisi Cheng Beng Masuk dalam Kalender Pariwisata Padang 2025
Abrasi menyebabkan ambruknya bagian belakang Rumah Makan Pasir Putih di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Rabu (16/10/2024).
Abrasi di Bungus Teluk Kabung, Rumah Makan Ambruk, 15 Pelajar Padang Terluka
Tiga rumah dan satu musala di kawasan Pantai Pasia Jambak, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, terancam abrasi
Tiga Rumah dan Satu Musala Terimbas Abrasi di Pantai Pasia Jambak
Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Padang pada Senin (15/10/2024) dini hari, menyebabkan dua insiden pohon tumbang di dua
Dua Pohon Tumbang di Padang, Ganggu Akses Jalan dan Rusak Rumah Warga
Langgam.id - Gempa bermagnitudo 6,1 kembali mengguncang Kabupaten Kepualauan Menatwai, Sumatra Barat (Sumbar), Minggu (11/9/2022).
Pemkot Padang dan Pemkab Mentawai Perkuat Kerja Sama dalam Empat Bidang Strategis