UKM Mammals dan Aves Ducula Bicolor UM Sumatera Barat Adakan Monitoring Satwa Liar

InfoLanggam – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mammals dan Aves Ducula bicolor Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar kegiatan monitoring satwa liar di Areal Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) PT Tirta Investama (Aqua) Pabrik Solok.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia itu diikuti oleh 10 anggota, yang terdiri dari 5 anggota UKM Mammals dan 5 anggota UKM Aves Ducula bicolor.

Monitoring dilaksanakan selama dua hari 11 – 12 Oktober 2024, di mana anggota dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok dibekali perlengkapan seperti kamera, binokuler, dan formulir pencatatan untuk mengamati dan mencatat keberadaan satwa di area yang telah ditentukan.

Koordinator Tim dan Ketua UKM Mammals, Danu mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan banyak pelajaran berharga. Seperti penggunaan metode point count, penentuan titik pengamatan, serta identifikasi satwa.

“Taman Kehati PT Tirta Investama (Aqua) Pabrik Solok memiliki keanekaragaman jenis satwa yang cukup tinggi. Di antara burung yang kami temui terdapat burung Cabai Bunga Api, Cekakak Sungai, hingga Elang. Selain itu, kami juga mengobservasi beberapa mamalia seperti Tupai dan Beruk,” ujar Pepi dan Dea, anggota dari UKM Aves Ducula bicolor.

Anggota UKM Mammals, Igha menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota mengenai kepedulian terhadap keberadaan satwa dan mendukung rencana aksi konservasi di area tersebut.

“Dengan banyaknya keanekaragaman jenis burung, Taman Kehati PT Tirta Investama bisa menjadi daya tarik bagi penggemar birdwatching,” terang Igha.

M. Reski berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan minat terhadap satwa serta mendukung upaya pelestariannya. “Data yang kami kumpulkan diharapkan bisa menjadi informasi berharga bagi Taman Kehati,” katanya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa lainnya untuk bergabung dengan UKM Mammals dan Aves Ducula bicolor dalam upaya identifikasi dan konservasi satwa. (*)

Baca Juga

Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat kembali menegaskan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Sumbar.
Terima 2.330 Mahasiswa Baru, Bukti UM Sumatera Barat Salah Satu PT Swasta Terbaik
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat dan organisasi Minang in Amerika (MIA) resmi menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) di SMA
UM Sumatera Barat dan Minang In America Luncurkan VR2ISEP 2024
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan potensi akademik dan jejaring internasional.
UM Sumatera Barat Kirimkan 8 Mahasiswa Pertanian Ikuti Inbound Mobility Program di UiTM Malaysia
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat mengadakan Hari Bermuhammadiyah pada Jumat (11/10/2024) di Convention Hall
UM Sumatera Barat Gelar Hari Bermuhammadiyah, Fokus Optimalisasi Wakaf Produktif
UM Sumatera Barat melaksanakan Bedah Buku : Jihad Kewirausahaan, Menolong Diri dan Umat karya Prof Bambang Setiaji, Selasa (8/10/2024)
UM Sumatera Barat Gelar Bedah Buku "Jihad Kewirausahaan, Menolong Diri dan Umat" Karya Prof Bambang Setiaji
Pikri Kurnia Sang Pengagum Sosok Riyan Betra Delza (Ketua Umum DPP IMM ) resmi terpilih sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat.
Pikri Kurnia Terpilih Sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat