Terima 2.330 Mahasiswa Baru, Bukti UM Sumatera Barat Salah Satu PT Swasta Terbaik

Infolanggam – Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat kembali menegaskan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Sumbar.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima di tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 2.330 orang yang terdiri dari beberapa provinsi di Indonesia

Sebelumnya UM Sumatera Barat membuka penerimaan mahasiswa baru sejak 11 Desember 2023 sebanyak 3 gelombang.

Di mana pada gelombang 1 mulai dari 23 Desember 2023 hingga 31 Maret 2024, kemudian gelombang 2 mulai dari 1 April 2024 hingga 30 Juni 2024 dan terakhir gelombang 3 dari 1 Juli 2024 hingga 10 Oktober 2024.

Dari 3 gelombang dengan 2 program studi D3, 2 program studi D4, 22 program studi S1, 2 program studi S2, program profesi ners, program profesi guru (PPG) dalam dan luar jabatan serta program studi S3 itu terdapat 3.296 peminat, 2.599 pendaftar dan 2.330 yang sudah memiliki NIM.

Mahasiswa yang telah memiliki NIM terbagi atas 923 mahasiswa reguler, 105 mahasiswa profesi prajabatan dan 1.303 mahasiswa program profesi dalam jabatan.

Jumlah ini tidak hanya mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas, tetapi juga memperlihatkan keberagaman latar belakang dan budaya yang dihadirkan mahasiswa dari berbagai daerah.

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr Riki Saputra MA mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari upaya konsisten UM Sumatera Barat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan serta memperluas jaringan kerjasama internasional.

"UM Sumatera Barat terus menunjukkan kualitas dan daya tarik, keberhasilan ini tentunya tidak hanya membuktikan kepercayaan masyarakat secara daerah, namun juga nasional dan internasional. Keberagaman mahasiswa di kampus akan memperkaya atmosfir akademik," ujarnya.

Riki mengungkapkan bahwa UM Sumatera Barat berharap bisa terus berperan dalam mencetak generasi unggul yang siap bersaing di kancah nasional dan internasional serta berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

Menurut Riki, keberhasilan ini membuat UM Sumatera Barat semakin memperkuat posisinya sebagai pilihan utama bagi calon mahasiswa baru yang ingin menempuh pendidikan berkualitas.

Riki mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penerimaan mahasiswa baru, dosen dan staf yang telah bekerja keras dalam menyukseskan proses ini serta seluruh masyarakat dan pihak terkait lainnya. (*)

Baca Juga

Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat dan organisasi Minang in Amerika (MIA) resmi menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) di SMA
UM Sumatera Barat dan Minang In America Luncurkan VR2ISEP 2024
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan potensi akademik dan jejaring internasional.
UM Sumatera Barat Kirimkan 8 Mahasiswa Pertanian Ikuti Inbound Mobility Program di UiTM Malaysia
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat mengadakan Hari Bermuhammadiyah pada Jumat (11/10/2024) di Convention Hall
UM Sumatera Barat Gelar Hari Bermuhammadiyah, Fokus Optimalisasi Wakaf Produktif
UM Sumatera Barat melaksanakan Bedah Buku : Jihad Kewirausahaan, Menolong Diri dan Umat karya Prof Bambang Setiaji, Selasa (8/10/2024)
UM Sumatera Barat Gelar Bedah Buku "Jihad Kewirausahaan, Menolong Diri dan Umat" Karya Prof Bambang Setiaji
Pikri Kurnia Sang Pengagum Sosok Riyan Betra Delza (Ketua Umum DPP IMM ) resmi terpilih sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat.
Pikri Kurnia Terpilih Sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat
Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Dr Ahmad Lahmi MAg menjemput tiga mahasiswa yang mengikuti International Student Mobility Program Tahun 2024
3 Mahasiswa UM Sumbar Sukses Ikuti International Student Mobility Program 2024 di UCYP Malaysia