Masa Kampanye Singkat, KPU Jadwalkan Gelar 2 Kali Debat Pilkada Padang

KPU Padang menjadwalkan akan menggelar debat Pilkada 2024 sebanyak dua kali. Debat perdana akan digelar pada 26 Oktober 2024. Sedangkan debat

Anggota KPU Kota Padang Divisi Hukum dan Pengawasan, Jefri Hariyanto. [foto: infopublik.id]

Langgam.id - KPU Padang menjadwalkan akan menggelar debat Pilkada 2024 sebanyak dua kali. Debat perdana akan digelar pada 26 Oktober 2024. Sedangkan debat kedua dijadwalkan pada 9 November 2024.

Anggota KPU Kota Padang Divisi Hukum dan Pengawasan, Jefri Hariyanto mengatakan bahwa keputusan menggelar debat sebanyak dua kali tersebut telah diambil melalui rapat pleno KPU Kota Padang.

"Dalam Peraturan KPU Nomor 13 disebutkan bahwa debat maksimal dilaksanakan sebanyak tiga kali. Namun, kami memutuskan untuk melaksanakan dua kali debat saja," ucap Jefri dilansir dari infopublik.id, Selasa (8/10/2024).

Jefri mengungkapkan bahwa acara debat ini bakal diikuti oleh ketiga pasangan calon yang bertarung di Pilkada Padang 2024.

Mereka yaitu pasangan nomor urut satu Fadly Amran-Maigus Nasir, pasangan nomor urut dua Muhammad Iqbal-Amasrul, dan pasangan nomor urut tiga Hendri Septa-Hidayat.

Jefri menyebutkan, bahwa penetapan dua kali penyelenggaraan debat tersebut juga mempertimbangkan masa kampanye yang relatif singkat, yakni hanya berlangsung selama dua bulan.

"Saat ini, kami sedang dalam tahap pembahasan teknis dan logistik pelaksanaan debat, termasuk pemilihan penyelenggara eksternal. Beberapa event organizer sudah mengajukan diri untuk membantu pelaksanaan acara ini," terang Jefri.

Jefri mengatakan, bahwa hingga saat ini materi debat belum sepenuhnya ditentukan. Akan tetapi, sesuai dengan aturan KPU, materi akan difokuskan pada beberapa poin strategis yang nantinya akan dibagi menjadi dua sesi debat.

"Kami akan menghadirkan tujuh panelis yang berasal dari kalangan akademisi dan profesional untuk memberikan pertanyaan yang menguji visi, misi, serta program kerja yang diusung oleh masing-masing paslon," ujar Jefri.

Ia mengharapkan dengan adanya debat ini, masyarakat dapat mengenal lebih dalam gagasan dan visi misi para calon pemimpin Kota Padang, sehingga bisa menjadi referensi dalam menentukan pilihan pada Pilkada mendatang.

"Kami juga akan memastikan debat berlangsung secara transparan dan independen, tanpa intervensi dari pihak manapun, agar setiap paslon dapat menyampaikan gagasan mereka dengan sebaik-baiknya," beber Jefri.

Ia menambahkan, dengan debat yang akan digelar dalam dua sesi ini diharapkan dapat memberikan ruang diskusi yang konstruktif. Serta menjadi ajang bagi para kandidat untuk menunjukkan kualitas dan komitmen mereka dalam memajukan Kota Padang. (*/yki)

Baca Juga

Dubalang Kota, Cara Fadly Amran Berantas Tawuran Remaja di Padang
Dubalang Kota, Cara Fadly Amran Berantas Tawuran Remaja di Padang
Sebanyak 2.996 kotak suara dari KPU Sumbar diterima KPU Padang pada Selasa. Kotak suara tersebut merupakan bagian dari logistik Pilkada
KPU Padang Terima 2.996 Kotak Suara untuk Pilkada Serentak 2024
Tinjau Lokasi Longsor di Batang Arau, Fadly Amran Komitmen Wujudkan Padang Sigap
Tinjau Lokasi Longsor di Batang Arau, Fadly Amran Komitmen Wujudkan Padang Sigap
Fadly Amran: Kunci Perubahan Padang yang Berkeadilan
Fadly Amran: Kunci Perubahan Padang yang Berkeadilan
Hotel Truntum Padang menjadi pusat perhatian dengan ribuan relawan yang membanjiri acara pengundian nomor urut Pilkada Kota Padang 2024.
Fadly Amran Usung Program Padang Juara untuk Solusi Pendidikan di Kota Padang
Usung Program Padang Juara, Fadly Amran: Seragam dan Buku LKS Gratis untuk Pelajar
Usung Program Padang Juara, Fadly Amran: Seragam dan Buku LKS Gratis untuk Pelajar