Pemko Payakumbuh Siap Kembangkan Bukik Patah Sembilan Jadi Kawasan Agrowisata

Dinilai memiliki potensi yang sangat besar, Pemko Payakumbuh akan segera menyiapkan dan mengkaji pengembangan Bukik Panjang Patah Sembilan

Pj Wako Payakumbuh saat menghadiri gotong royong bersama di Bukik Patah Sembilan. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Dinilai memiliki potensi yang sangat besar, Pemko Payakumbuh akan segera menyiapkan dan mengkaji terkait pengembangan Bukik Patah Sembilan yang berada di Kelurahan Padang Alai Bodi.

"Bukik Patah Sembilan memiliki potensi yang besar sehingga harus kita bicarakan dan kita kaji arahnya kemana," ujar Pj Wako Payakumbuh Suprayitno saat kegiatan gotong royong bersama pada Jumat (4/10/2024).

Suprayitno mengatakan salah satu potensi yang besar yang dimiliki Bukik Patah Sembilan yakni sebagai kawasan Agrowisata yang diyakini akan digemari wisatawan.

"Sekarang bagaimana kita menjadikan potensi yang ada ini menjadi lebih hebat. Hal ini tentu harus mendapatkan dukungan dari seluruh pihak terutama dari kita pemerintah dan tentunya masyarakat sekitar," bebernya.

Pada kesempatan itu, Suprayitno memuji dukungan masyararakat setempat yang sebelumnya telah menghibahkan secara sukarela untuk pembangunan jalan.

"Ini menjadi contoh yang baik di tingkat nasional, dukungan dari masyarakat untuk pembangunan dan kemajuan daerahnya. Kebersamaan ini harus terus kita jaga," harapnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Payakumbuh Muslim mengatakan bahwa Bukik Patah Sembilan merupakan kawasan strategis di Kota Payakumbuh dan sudah mendapatkan sentuhan dari pemerintah pusat pada 2010.

"Kawasan ini berpotensi jadi Agrowisata dan dulu sudah ramai dikunjungi. Namun karena sebelumnya ini masih menjadi aset pusat sehingga tidak bisa dikelola pemerintah daerah," ucapnya.

Namun untuk saat ini, terang Muslim, jalan kawasan Bukik Patah Sembilan sudah menjadi aset dan terdaftar sebagai jalan Kota Payakumbuh.

"Dengan potensi yang ada, sayang untuk tidak dikembangkan. Hal Ini juga menjadi implementasi dari proyek perubahan yang kami gagas bagaimana pengelolaan infrastruktur yang efektif transparan dan partisipatif," sebutnya.

Sementara itu niniak mamak setempat Muklis mengatakan bahwa masyarakat sekitar semaksimal mungkin akan memberikan dukungan terkait pengembangan Bukik Patah Sembilan.

"Hal ini karena juga permintaan dari masyarakat agar didaerahnya ada ikon wisata," ujarnya. (*/yki)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh Buka 181 Formasi PPPK 2024, Ini Tiga Pelamar Prioritas
Pemko Payakumbuh Buka 181 Formasi PPPK 2024, Ini Tiga Pelamar Prioritas
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno mengukuhkan sebanyak 104 guru penggerak dari angkatan ke-8 dan ke-9. Pengukuhan itu digelar
Komit Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pj Wako Payakumbuh Kukuhkan 104 Guru Penggerak
Tiga sekolah di Kota Payakumbuh mencetak prestasi membanggakan dengan meraih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2024.
Jalankan Program Pelestarian Lingkungan, 3 Sekolah di Payakumbuh Raih Adiwiyata Nasional 2024
Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda menjadi narasumber dalam talkshow bertema “Peran Kepala Daerah dalam Mendukung Gerakan
Jadi Narasumber Talkshow di KLHK, Sekda Paparkan Program Adiwiyata di Payakumbuh
Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno bersama Kepala Dinas Kesehatan Wawan Sofianto sambut kedatangan Kepala BPOM di Payakumbuh, Iswadi
Pj Wako Suprayitno Terima Kunjungan Kepala BPOM di Payakumbuh
Dinas PUPR Payakumbuh melakukan pengukuran peta bidang jalan dan pendataan kondisi infrastruktur jalan di Kecamatan Payakumbuh Selatan
Pemko Payakumbuh Mulai Proyek Digitalisasi Infrastruktur: Pengukuran dan Pendataan Jalan