Laporan dari Sydney: Surau, Ruang Dialektika Orang Minang Berpikir Dinamis

InfoLanggam - Surau dalam budaya Minangkabau adalah ruang proses dialektis tesis antitesis dari lapau dan pasa. Lapau dan pasa adalah kegiatan sosial antara kebutuhan sosial sedangkan surau menjawab kebutuhan sosial dan spiritual.

Demikian dikatakan Guru Besar Sosiologi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Prof Nurus Shalihin MSi PhD di hadapan puluhan jamaah Surau Sydney Australia (SSA), Gartmore Avenue, Bankstown, Selasa (24/9/2029).

“Artinya, surau, pasa, lapau, adalah ruang kehidupan bagi orang minang yang kini cuma berkaki satu, yaitu tarekat. Jauh sebelumnya, surau berkaki banyak sekali menunjang keberadaannya. Wadah penting laki-laki minang tumbuh dengan karakter yang teruji,” ujar Nurus.

Menurut Nurus, di surau merupakan transformasi ilmu, budaya, dan seni yang diberikan dalam bentuk mengaji dan latihan silat. Surau sebagai pusat perubahan dari anak-anak kemudian pancaroba ke remaja hingga dewasa.

“Pun kini, pada masa tua orang minang mencari sesuatu kebutuhan bathiniah, kita sebut spiritualitas, pergi ke surau. Di situ jawaban kebutuhan ketenangan mereka,” tambah Nurus, doktor tamatan University Kebangsaan Malaysia (UKM) ini.

Harapan besar Nurus Shalihin kehadiran SSA sebagai prototype surau masa lalu dengan kombinasi yang tepat dengan kebutuhan pada hari ini dan masa mendatang.

“Surau Sydney Australia adalah harapan mendekati prototype dari penelitian yang saya lakukan. Sebuah paduan semangat yang mengharu dalam perjuangan menghadirkan ruang dialektis DNA orang Minang ini. Membanggakan kita, karena jauh di rantau dan diaspora minang generasi kedua ketiga sangat perlu tahu dan diberi tahu,” papar peneliti dinamika surau jebolan MTI Candung ini.

Kehadiran Nurus Shalihin dalam rangka melihat dan menjemput peserta SIbac-sip 2024, yang telah berakhir melaksanakan pendidikan dan pengabdian. Kesempatan tersebut dimanfaatkan SSA untuk mendapatkan pengajian. Sebelumnya, dari UIN Imam Bonjol Padang telah memberikan pengajian adalah, Dr. Abdullah Khusairi, MA, Dr. Zulfis, MA, Prof. Welhendri Azwar, S.Ag, M.Si, Ph.D.

Ketua Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS), Yusuf Rizal dan Ketua SSA, Novri Latif, sangat antusias adanya program pengabdian kepada masyarakat dari UIN Imam Bonjol Padang.

“Mereka menjadi imam shalat dengan bacaan yang fasih. Mengajar randai, membangun silaturrahmi dengan Surau Connect, wadah teman sebaya anak muda diaspora, dapat teman baru dari kampung halaman orang tua, mereka antusias melanjutkan program ini,” ujar Yusuf Rizal.

Novri Latif menyatakan, program seperti ini sangat bermanfaat bagi diaspora Minang di Sydney. “Saya akan membicarakan ini lebih jauh dengan ibu rektor UIN Imam Bonjol Padang,” tuturnya. (*)

Baca Juga

Begitu sedikit waktu terasa bagi anggota SIBac-sip 2024 untuk belajar dan mengabdi. Sepuluh hari tiba-tiba berakhir segera. Air mata pun jatuh
Laporan dari Sydney: Air Mata Anggota SIBac-Sip Jatuh di Bankstown
Hari ini tepat pada tanggal 20 Februari 2024 merupakan hari kedua kami KKN di UNISSA Brunei Darussalam. Hari ini kami diberikan
Reportase Kegiatan Hari Kedua KKN Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang di Brunei Darussalam
Pada hari ini kami para mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang telah berangkat untuk melaksanakan KKN Internasional di Brunei Darussalam.
Reportase 18 September 2024: KKN Internasional Mahasiswa UIN IB Padang ke Brunei Darussalam
Dua orang pejabat pelaksana akademik antar waktu masa jabatan 2024-2025 UIN Imam Bonjol (IB) Padang resmi dilantik oleh Rektor Martin Kustati.
Rektor UIN IB Padang Lantik 2 Pejabat Antar Waktu Pelaksana Akademik
Sebanyak 10 mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang terpilih seleksi mengikuti Student of Imam Bonjol Academic Smart Internship Program (SIBac-sip),
Laporan dari Australia: SIBac-Sip 2024 Australia, Antusias Menyibak Dunia
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati membuka secara resmi 2nd Seiba International Festival pada Selasa (24/9/2024).
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Buka Secara Resmi 2nd Seiba International Festival