Tingkatkan Kapasitas Dosen, UM Sumatera Barat dan BRIN Adakan Capacity Building

InfoLanggam – Fakultas Kehutanan dan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Pusat Kolaborasi Riset Kosmetik Nano berbasis Biomassa yang berpusat di Universitas Mulawarman mengadakan kegiatan Capacity Building selama dua hari, Kamis dan Jumat (24-25/9/2024).

Turut serta dalam kegiatan ini dosen di Fakultas Farmasi dan Fakultas Kehutanan. Kegiatan ini menghadirkan pemateri Prof Enos Tangke Arung dari Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman yang sekaligus merupakan Ketua Pusat Kolaborasi Riset (PKR).

Wakil Rektor I UM Sumatera Barat yang membuka kegiatan ini, Dedi Satria mengharapkan agar dosen di kedua fakultas dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin.

“Kita jauh-jauh menghadirkan pemateri yang merupakan salah satu Reviewer Nasional BRIN/Kemdikbud dari Kalimantan dengan harapan bapak-ibu mendapatkan inspirasi dari kegiatan ini. Sehingga nanti diharapkan semakin meningkatnya jumlah proposal terutama dari kedua fakultas ini,” harap Dedi.

Dalam kegiatan ini, Prof Enos memberikan materi terkait Tips Penyusunan Proposal Penelitian, Penulisan Artikel Ilmiah serta Penyusunan Hak Kekayaan Intelektual dalam bentuk Paten dan Paten Sederhana.

Dalam materinya, ia menyoroti kekayaan biodiversitas Indonesia yang dapat menjadi inspirasi untuk tema penelitian. Ia berharap penelitian yang dilakukan dapat dihilirisasi menjadi produk yang dapat dijadikan hak kekayaan intelektual berupa paten atau paten sederhana.

Antusiasme para dosen terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul selama diskusi. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian di Fakultas Farmasi dan Fakultas Kehutanan.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara universitas dan lembaga riset nasional. (*)

Baca Juga

Pikri Kurnia Sang Pengagum Sosok Riyan Betra Delza (Ketua Umum DPP IMM ) resmi terpilih sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat.
Pikri Kurnia Terpilih Sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat
Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Dr Ahmad Lahmi MAg menjemput tiga mahasiswa yang mengikuti International Student Mobility Program Tahun 2024
3 Mahasiswa UM Sumbar Sukses Ikuti International Student Mobility Program 2024 di UCYP Malaysia
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat melaunching Satuan Tugas (Satgas) Pencengahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS)
Komitmen Menuju Kampus Bebas Kekerasan Seksual, UM Sumbar Launching Satgas PPKS
Fakultas Ekonomi UM Sumatera Barat mengadakan kuliah tamu internasional bertema “Peluang Kolaborasi Penelitian Internasional
Fakultas Ekonomi UM Sumatera Barat Adakan Kuliah Tamu Internasional
Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat tekan kerjasama dengan Universiti Malaysia Kelantan,
UM Sumatera Barat Tekan Kerjasama dengan Universiti Malaysia Kelantan
UM Sumatera Barat bersama tujuh sekolah keagamaan di Sumbar melakukan kunjungan ke Fakultas Islamic Science, Prince Songkla University (PSU)
Kunjungi Prince Songkla University di Thailand, UM Sumbar Buka Peluang Berkolaborasi