Fakultas Ekonomi UM Sumatera Barat Adakan Kuliah Tamu Internasional

InfoLanggam - Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat mengadakan kuliah tamu internasional bertema “Peluang Kolaborasi Penelitian Internasional serta Tantangan Penggunaan Artificial Intelligence (AI)” pada Kamis (26/9/2024).

Acara ini diselenggarakan atas kerjasama antara Fakultas Ekonomi dengan Fakultas Manajemen Bisnis dan Professional, Management and Science University (MSU) Malaysia.

Dekan Fakultas Ekonomi Immu Puteri Sari mengatakan, lingkungan akademisi dosen dituntut menjalankan tri dharma Perguruan Tinggi, salah satunya penelitian.

"Untuk melaksanakan penelitian dibutuhkan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi lainnya yang bertujuan dapat meningkatkan kualitas dan reputasi akademik, meningkatkan nilai manfaat dan rekognisi luaran ilmiah serta menambah kapasitas inovasi penelitian," ujarnya.

Kolaborasi penelitian yang dilaksanakan lanjutnya, tidak hanya di kalangan dosen saja. Namun juga bisa dilakukan bersama mahasiswa dengan harapan adanya kolaborasi.

Ia menjelaskan bahwa kuliah tamu yang diselenggarakan dengan Associate Professor Nurul Asyikeen Binti Abdul Jabar (dean of faculty business management and professional) ini diharap memperkuat kerjasama penelitian antar Universitas di tingkat internasional.

Serta memanfaatkan perkembangan teknologi, khususnya AI, dalam memajukan penelitian khususnya di bidang ekonomi.

Management and Science University (MSU) Malaysia paparnya, memberikan pandangan bahwa AI merupakan teknologi menjanjikan dengan potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi di berbagai bidang.

Namun ia mengingatkan pentingnya kehati-hatian dalam penggunaan AI. Alat AI dapat membantu pengumpulan data (penyerapan dari berbagai sumber) dan persiapan (pembersihan dan pengorganisasian untuk analisis).

Sementara itu Wakil Rektor II UM Sumatera Barat Puguh Setiawan menyebutkan bahwa acara ini merupakan langkah bagi Fakultas Ekonomi membangun jejaring internasional yang lebih luas.

"Dengan adanya kuliah tamu ini, kami berharap bisa membuka peluang bagi para mahasiswa dan dosen terlibat penelitian kolaboratif dengan universitas-universitas ternama di dunia. Penggunaan teknologi seperti AI dalam penelitian ekonomi juga diharap dapat mempercepat proses inovasi dan menghasilkan penelitian lebih relevan dengan perkembangan zaman,” harapnya.

Di samping itu acara ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari peserta, baik dari kalangan akademisi maupun mahasiswa. Mereka berharap kegiatan serupa akan terus diadakan secara rutin untuk mendukung pengembangan kompetensi dan wawasan global, khususnya menghadapi tantangan dan peluang di era digitalisasi ini.

Tidak hanya itu, Fakultas Ekonomi UM Sumatera Barat berkomitmen untuk terus memperkuat bekerjasama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri.

Serta memanfaatkan teknologi terbaru seperti AI guna mendukung penelitian dan pengembangan ilmu ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. (*)

Baca Juga

Pikri Kurnia Sang Pengagum Sosok Riyan Betra Delza (Ketua Umum DPP IMM ) resmi terpilih sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat.
Pikri Kurnia Terpilih Sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat
Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Dr Ahmad Lahmi MAg menjemput tiga mahasiswa yang mengikuti International Student Mobility Program Tahun 2024
3 Mahasiswa UM Sumbar Sukses Ikuti International Student Mobility Program 2024 di UCYP Malaysia
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat melaunching Satuan Tugas (Satgas) Pencengahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS)
Komitmen Menuju Kampus Bebas Kekerasan Seksual, UM Sumbar Launching Satgas PPKS
Fakultas Kehutanan dan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat bekerjasama dengan BRIN
Tingkatkan Kapasitas Dosen, UM Sumatera Barat dan BRIN Adakan Capacity Building
Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat tekan kerjasama dengan Universiti Malaysia Kelantan,
UM Sumatera Barat Tekan Kerjasama dengan Universiti Malaysia Kelantan
UM Sumatera Barat bersama tujuh sekolah keagamaan di Sumbar melakukan kunjungan ke Fakultas Islamic Science, Prince Songkla University (PSU)
Kunjungi Prince Songkla University di Thailand, UM Sumbar Buka Peluang Berkolaborasi