UM Sumatera Barat Tekan Kerjasama dengan Universiti Malaysia Kelantan

InfoLanggam – Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat tekan kerjasama dengan Universiti Malaysia Kelantan, Jumat (27/9/2024) di Convention Hall Prof Dr KH Yunahar Ilyas Lc MA kampus III Bukittinggi.

Kerjasama tersebut dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA).

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Plt Dekan Fakultas Pariwisata UM Sumatera Barat Wina Asty SPd MPar dengan Dekan Hospitality Pelancongan Kesejahteraan Universiti Malaysia Kelantan Assoc. Prof Dr Mohd Fadil Mohd Yusof.

Kesepakatan yang ditandatangani di antaranya terkait tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia).

Usai penandatanganan kerjasama, UM Sumatera Barat dan Universiti Malaysia Kelantan melakukan diskusi terkait implementasi Agreement (IA) di bidang penelitian.

Dimana melakukan matching grant dengan tema “evaluation of environmental practices and tourism quality experience in kelantan’s local markets using the kap model approach” dan akan diimplementasikan dalam kurun waktu satu tahun ke depan dimulai dari tanggal penandatanganan (IA).

Rektor UM Sumatera Barat, Dr Riki Saputra MA mengatakan bahwa kerjasama yang dijalin merupakan langkah strategis dalam memperkuat tri dharma perguruan tinggi.

Dengan adanya kerjasama tersebut, terang Riki, dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian serta memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan sumber daya manusia di kedua institusi.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari kedua belah pihak yang telah bekerja keras untuk mewujudkan kerjasama ini. Semoga dengan adanya matching grant dan penelitian bersama dengan tema tersebut kita dapat menghasilkan penelitian yang bermanfaat dan aplikatif bagi masyarakat. Ini adalah betuk awal dari implentasi dari MOA dan akan ada lagi bentuk-bentuk kegiatan lainya dengan bentuk student confrence di tahun 2025,” harapnya. (*)

Baca Juga

Pikri Kurnia Sang Pengagum Sosok Riyan Betra Delza (Ketua Umum DPP IMM ) resmi terpilih sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat.
Pikri Kurnia Terpilih Sebagai Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat
Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Dr Ahmad Lahmi MAg menjemput tiga mahasiswa yang mengikuti International Student Mobility Program Tahun 2024
3 Mahasiswa UM Sumbar Sukses Ikuti International Student Mobility Program 2024 di UCYP Malaysia
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat melaunching Satuan Tugas (Satgas) Pencengahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS)
Komitmen Menuju Kampus Bebas Kekerasan Seksual, UM Sumbar Launching Satgas PPKS
Fakultas Kehutanan dan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat bekerjasama dengan BRIN
Tingkatkan Kapasitas Dosen, UM Sumatera Barat dan BRIN Adakan Capacity Building
Fakultas Ekonomi UM Sumatera Barat mengadakan kuliah tamu internasional bertema “Peluang Kolaborasi Penelitian Internasional
Fakultas Ekonomi UM Sumatera Barat Adakan Kuliah Tamu Internasional
UM Sumatera Barat bersama tujuh sekolah keagamaan di Sumbar melakukan kunjungan ke Fakultas Islamic Science, Prince Songkla University (PSU)
Kunjungi Prince Songkla University di Thailand, UM Sumbar Buka Peluang Berkolaborasi