Dinilai Tim Akreditasi, RSUD Ujung Gading Komit Tingkatkan Pelayanan

Dinilai Tim Akreditasi, RSUD Ujung Gading Komit Tingkatkan Pelayanan

Tim akreditasi lakukan survey ke RSUD Ujung Gading di Pasaman Barat. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ujung Gadin, Kabupaten Pasaman Barat mendapat penilaian dari Tim Surveyor Akreditasi Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia. Tim Surveyor terdiri dari drg. Arwita Mulyawati, MHKes dan Apt. Silvia Ikhlas, S.Si., M.A.R.S., FIHFAA.

Asisten I Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Setia Bakti, mengatakan bahwa Akreditasi Rumah Sakit merupakan suatu pengakuan dari pemerintah yang diberikan kepada rumah sakit yang telah memenuhi standar. Kegiatan akreditasi dilakukan berdasarkan Permenkes Nomor 12 Tahun 2020, yang menyatakan bahwa setiap rumah sakit wajib terakreditasi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa akreditasi bertujuan untuk menilai sejauh mana rumah sakit dapat memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan oleh lembaga akreditasi rumah sakit. Dengan demikian, peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit dapat terus ditingkatkan, dipertahankan, dan dipertanggungjawabkan, serta sebagai salah satu syarat untuk bekerja sama dengan BPJS.

"RSUD Ujung Gading dinilai oleh tim surveyor akreditasi, apakah sesuai dengan elemen-elemen penilaian standar akreditasi rumah sakit atau tidak. Meskipun RSUD Ujung Gading masih baru, diupayakan agar dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan akreditasi," kata Setia Bakti, dikutip dari laman pemda, Selasa (24/9/2024).

Ia berharap dengan adanya akreditasi ini, pelayanan di RSUD Ujung Gading dapat semakin meningkat dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Pasaman Barat, serta mendapatkan hasil Paripurna.

Sementara itu, Direktur RSUD Ujung Gading, drg. Lidya Kurniaty, menjelaskan bahwa rumah sakit yang dipimpinnya mulai dibangun pada tahun 2019 dan mulai difungsikan pada awal April 2022. RSUD Ujung Gading diresmikan pada Mei 2023 oleh Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, dan telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan pada Juni 2023.

"Rumah Sakit Umum Daerah Ujung Gading ini merupakan rumah sakit kelas D pratama milik Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang beroperasi di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, dan diresmikan oleh Bapak Bupati Hamsuardi pada Mei 2023 lalu," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa rumah sakit tersebut tengah mengembangkan visi untuk menjadi rumah sakit terbaik dalam pelayanan, bermutu, dan profesional.

Ia menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai standar nasional akreditasi rumah sakit, dengan memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau, ramah, cepat, dan tepat.

"Selanjutnya, kami akan menyelenggarakan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia rumah sakit serta menciptakan hubungan kemitraan dengan pihak luar, baik profesional medis maupun masyarakat," terangnya. (*/Fs)

Baca Juga

Sebanyak 16.954 orang CPNS Kementerian Agama (Kemenag) memilih mengikuti ujian Computer Asisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
16.954 Pelamar CPNS Kemenag Pilih Ikuti CAT SKD di Titik Lokasi Sumbar
Pemko Padang berkomitmen penuh dan siap berkolaborasi dengan BWSS V untuk mewujudkan pembangunan infrastuktur strategis
Atasi Masalah Banjir di Padang, BWSS V Bakal Bangun Sistem Polder di Sungai Batang Kandis
Netralitas Aparatur Negara, Kunci Sukses Pilkada Serentak 2024
Netralitas Aparatur Negara, Kunci Sukses Pilkada Serentak 2024
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar menggelar konferensi pers terkait keberhasilan menggagalkan 608 paket besar dan 2 paket kecil
BNN Gagalkan Peredaran 624 Kg Ganja dari Aceh ke Sumbar, 7 Orang Ditangkap
Latihan Gabungan Kebencanaan di Padang, Fokus Antisipasi Megathrust Mentawai
Latihan Gabungan Kebencanaan di Padang, Fokus Antisipasi Megathrust Mentawai
Investasi Sejak Dini
Semester Pertama 2024, Pemko Padang Catat Investasi Tembus Rp2,02 Triliun