Sosialisasi Pembuatan Roadmap: Langkah Maju dalam Peningkatan Mutu Riset Dosen UM Sumatera Barat

InfoLanggam - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar kegiatan penyusunan road map penelitian dosen pada Jumat (20/9/2024). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dan dihadiri sebanyak 67 peserta yang terdiri dari para dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dedi Satria, S.Si., M.Eng., Ph.D.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya roadmap penelitian sebagai pedoman dalam mengarahkan kegiatan riset kampus agar lebih terstruktur, terukur dan berdaya saing.

Ketua LPPM UM Sumbar, Fadil Maiseptian mengatakan bahwa roadmap penelitian ini akan menjadi acuan bagi dosen dalam melaksanakan riset.

"Sehingga penelitian yang dihasilkan dapat berkontribusi secara nyata baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan maupun masyarakat,” ujar Fadil Maiseptian.

Ia mengharapkan penyusunan roadmap ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas penelitian yang selaras dengan visi dan misi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

"Yakni mendorong pelaksanaan penelitian berbasis kearifan lokal. Penelitian tersebut bertujuan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang aplikatif, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, keilmuan, dan kebangsaan sebagai landasan utama dalam setiap riset yang dilakukan," bebernya.

Dalam sesi diskusi, para peserta aktif memberikan masukan dan berdialog mengenai berbagai topik penelitian yang berpotensi dikembangkan dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

Acara ini ditutup dengan kesepakatan untuk melanjutkan penyusunan roadmap masing- masing dosen di tingkat Fakultas dan Program Studi. Dengan harapan, roadmap ini dapat segera diimplementasikan dan menghasilkan penelitian yang berkualitas dan berdampak luas. (*)

Baca Juga

Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat bersama rombongan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) melakukan kunjungan
UM Sumatera Barat dan PTKIS Jalin Kerjasama Strategis dengan Fatoni University di Thailand
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat tekan kerjasama dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL)
UM Sumatera Barat Tekan Kerjasama dengan Dirjen PKTL KLHK Dukung FOLU Net Sink 2030
Wakil Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr Anwar Abbas MM MAg memberikan pesan penting kepada mahasiswa baru dalam rangkaian Masta
Ketua PP Muhammadiyah: Siapkan Mental dan Skill untuk Hadapi Tantangan Masa Depan
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat memberikan beasiswa senilai Rp 4.120.180.000 bagi mahasiswa baru angkatan 2024.
UM Sumatera Barat Berikan Beasiswa Rp4 Miliar Lebih Bagi Mahasiswa Baru Angkatan 2024
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Masa Ta'aruf (Masta) bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2024/2025
UM Sumatera Barat Sambut Ratusan Mahasiswa Baru Melalui Masa Ta'aruf
UM Sumatera Barat menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Professor of Innovation Management, University Teknologi Malaysia Prof
Profesor dari Malaysia Dorong Dosen dan Tenaga Kependidikan di UM Sumbar Lakukan Inovasi