Pilgub Sumbar 2024: Dapatkan Nomor Urut 02, Visi Epyardi-Ekos 'Membangkit Batang Tarandam'

Pilgub Sumbar 2024: Dapatkan Nomor Urut 02, Visi Epyardi-Ekos 'Membangkit Batang Tarandam'

Pengundian pasangan calon gubernur Sumbar Pilkada 2024. Mahyeldi-Vasko nomor urut 01 dan Epyardi-Ekos nomor urut 02. (Foto: Dharma Harisa/Langgam)

Langgam.id - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Epyardi Asda dan Ekos Albar, resmi mendapatkan nomor urut 02 dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2024.

Penetapan nomor urut tersebut dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat di Hotel Pangeran Beach, Padang, pada Senin (23/09/2024).

Rapat pleno ini merupakan bagian dari tahapan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dalam Pemilihan Serentak Nasional 2024. Epyardi Asda dan Ekos Albar akan bersaing dengan pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasco Ruseimy, yang mendapatkan nomor urut 01.

Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen, menyatakan bahwa kedua pasangan calon telah ditetapkan secara resmi pada Minggu (22/09/2024), dan pengundian nomor urut ini menandai dimulainya tahapan penting dalam Pilkada Sumbar 2024.

"Setelah penetapan nomor urut ini, agenda kami selanjutnya adalah deklarasi kampanye damai yang akan dilaksanakan besok, Selasa (24/09/2024), di lapangan Mapolda Sumbar. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Polda Sumbar," ujar Surya.

Surya juga mengingatkan bahwa pasangan calon yang menjabat sebagai kepala daerah harus cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye dan tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas negara yang melekat pada jabatannya. Cuti tersebut akan dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri dan dilaporkan ke KPU Sumbar.

Setelah pengundian nomor urut dan deklarasi kampanye damai, tahapan kampanye Pilkada Sumbar 2024 akan dimulai pada 25 September 2024.

Visi dan Misi Pasangan Epyardi-Ekos

Pasangan Epyardi Asda dan Ekos Albar diusung oleh tujuh partai politik besar, yakni PDIP, PAN, Golkar, NasDem, Gelora, Buruh, dan Garuda. Dengan dukungan ini, Epyardi-Ekos mengusung visi "Mambangkit Batang Tarandam," yang bertujuan untuk mengangkat kembali Sumatera Barat menjadi provinsi terbaik di Sumatera.

Untuk mencapai visi tersebut, Epyardi-Ekos memiliki 10 misi utama yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan, penguatan ekonomi, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Sumatera Barat. Berikut adalah 10 misi yang diusung oleh pasangan ini:

Mewujudkan kepemimpinan yang berwibawa, kolaboratif, transparan, dan aspiratif dalam pemerintahan.

Menjadikan Sumatera Barat sebagai destinasi wisata nasional dan internasional, dengan memaksimalkan potensi pariwisata.

Mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur yang adil, merata, dan berwawasan lingkungan, melalui anggaran berbasis kebutuhan rakyat.

Mendorong transformasi ekonomi berkelanjutan melalui sektor pertanian modern yang ramah lingkungan, UKM, perindustrian, dan perdagangan.

Meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya dalam pendidikan dan kesehatan.

Melaksanakan reformasi birokrasi yang terintegrasi dan berbasis teknologi elektronik untuk mewujudkan pemerintahan yang efisien dan transparan.

Meningkatkan peran serta ulama serta memperkuat tatanan kehidupan sosial masyarakat berlandaskan falsafah "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah."

Mewujudkan Sumatera Barat yang tangguh dalam perencanaan pembangunan berbasis masyarakat dan komunitas.

Mengarusutamakan gender untuk mencapai kesetaraan dan keadilan bagi semua lapisan masyarakat.

Menciptakan Sumatera Barat sebagai pusat pelatihan dan pembinaan atlet berprestasi, dengan fokus pada pengembangan olahraga.

Pilkada Sumbar 2024 pun diperkirakan akan berlangsung ketat, mengingat kekuatan politik dan ide-ide besar yang diusung oleh kedua pasangan calon. (*/Fs)

Baca Juga

Epyardi-Ekos Menang di Tiap Polling Instagram, Jubir: Potret Pilihan Anak Muda
Epyardi-Ekos Menang di Tiap Polling Instagram, Jubir: Potret Pilihan Anak Muda
Merasa Ditelantarkan, Relawan Mahyeldi-Vasko Beralih Dukung Epyardi-Ekos
Merasa Ditelantarkan, Relawan Mahyeldi-Vasko Beralih Dukung Epyardi-Ekos
Epyardi Asda dalam pidatonya usai mendapat nomor urut 02 di Pilgub Sumbar 2024 menyatakan gubernur harus diganti. Hal itu ia sampaikan secara
Pilgub Sumbar 2024, Epyardi Asda: Jangan Tergiur dengan Jual-Jual Ayat, Pilih Pemimpin yang Tokoh dan Takah
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy, resmi mendapat nomor urut 01 dalam ajang Pilkada Sumbar
Pilgub 2024: Mahyeldi Sebut Pilkada Sumbar Ajang Badunsanak
Epyardi-Ekos Dapat Nomor Urut 2, Jubir Muda: Qadarullah, Sama dengan Pak Prabowo
Epyardi-Ekos Dapat Nomor Urut 2, Jubir Muda: Qadarullah, Sama dengan Pak Prabowo
Epyardi Asda dalam pidatonya usai mendapat nomor urut 02 di Pilgub Sumbar 2024 menyatakan gubernur harus diganti. Hal itu ia sampaikan secara
Blak-blakan di Depan Mahyeldi, Epyardi Sebut Sudah Bosan dengan Kepemimpinan Saat Ini